Waspada dan Catat, 27 Merek Makarel Kaleng yang Mengandung Cacing Parasit

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kepulauan Riau mengungkapkan nama-nama produk makarel kaleng mengandung cacing

Waspada dan Catat, 27 Merek Makarel Kaleng yang Mengandung Cacing Parasit
Salah seorang warga terlihat serius melakukan pengecekan salah satu sarden kaleng. Saat ini BPOM telang mengumumkan ada 27 merek sarden kaleng mengandung cacing.(KOMPAS.COM/ HADI MAULANA) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KEPULAUAN RIAU - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kepulauan Riau mengungkapkan nama-nama produk makarel kaleng mengandung cacing (sebelumnya disebutkan sarden).

Ada 16 merek produk impor dan 11 merek produk dalam negeri. Kepala BPOM Kepri Yosef Dwi Irwan mengatakan, hingga 28 Maret 2018, BPOM RI telah melakukan pengujian terhadap 541 sampel makarel kaleng yang terdiri dari 66 merek.

Baca: Geser Rumah Sejauh 40 Meter, Petani Ini Rogoh Kocek Rp 700 Juta

Hasil pengujian menunjukkan, 27 merek (138 bets) positif mengandung parasit cacing, didominasi produk impor. Adapun produk dalam negeri bahan bakunya juga berasal dari impor. "Jadi 11 merek produk dalam negeri itu, bahan bakunya juga impor dari luar," kata Yosef Dwi Irwan, Kamis (29/3/2018).

 Sebanyak 27 merek makarel kaleng mengandung cacing, terdiri dari 138 bets di antaranya makarel kaleng merek ABC, ABT, Ayam Brand, Botan, CIP, Dongwon, Dr Fish, dan Farmer Jack. Kemudian makarel kaleng Fiesta seafood, Gaga, Hoki, Hosen, IO, Jojo, King Fisher, LSC, Maya, Nago atau Nagos, Naraya, Pesca, Poh Sung, Pronas, Ranesa, S&W, Sempio, TLC serta makarel kaleng TSC.

Baca: Pelaku Jambret Ini Tertangkap Karena Wajahnya Terekam Live FB di HP Korban, Ini Videonya

"Kami terus memantau pelaksanaan penarikan dan pemusnahan, serta meningkatkan sampling dan pengujian terhadap bets lainnya dan semua produk ikan dalam kaleng, baik produk dalam maupun luar negeri," ungkap Yosef.

Yosef berharap, bagi masyarakat yang menemukan produk bermasalah dapat menghubungi contact center Halo BPOM di no telepon 1-500-533 atau SMS 0-8121-9999-533. "Bisa juga ke email halobpom@pom.go.id, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia," pungkasnya.    

Hasil uji laboratorium Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru, menemukan 3 produk impor sarden berisi cacing.(Kompas TV)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Nama Produk 27 Makarel Kaleng yang Mengandung Cacing"

Tags
Riau
BPOM
Editor: soni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved