Begini Cara Kerja Wangiri, Penguras Pulsa Premium via Telepon dari Luar Negeri

Berdasarkan dari awalan kode negaranya, nomor-nomor ini ditengarai berasal dari Kongo, Papua Niugini, Belgia, hingga Afrika.

Begini Cara Kerja Wangiri, Penguras Pulsa Premium via Telepon dari Luar Negeri
istimewa
Ilustrasi modus penipuan via telepon 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Mendapat panggilan telepon dari nomor luar negeri adalah hal lumrah, apalagi jika kita memiliki relasi di sana. Namun, yang patut diwaspadai adalah jika nomor tersebut asing dan tak dikenal.

Pasalnya, bisa jadi ini adalah modus penipuan berbasis panggilan premium. Modus penipuan ini diketahui telah memakan cukup banyak korban dan bukan hanya terjadi di Indonesia.

Pada Februari lalu di Australia, sejumlah pengguna operator seluler melaporkan adanya panggilan telepon misterius dari nomor internasional.

Berdasarkan dari awalan kode negaranya, nomor-nomor ini ditengarai berasal dari Kongo, Papua Niugini, Belgia, hingga Afrika. Kejadian serupa terjadi di Selandia Baru.

Baca: Hati-hati, Jangan Telepon Balik Jika Dapat Panggilan Misterius dari Luar Negeri

Laporan Newshub.co.nz menyebutkan, pada awal 2017 lalu masyarakat di sana "diteror" berkali-kali oleh panggilan tak terjawab alias missed call dari luar negeri.

Bahkan, menurut laporan, "teror" tersebut bisa terjadi sampai lebih dari dua kali sehari dalam kurun waktu yang berdekatan.

Modus scam semacam ini ternyata bukan hal baru, bahkan kabarnya sudah mulai beredar sejak awal tahun 2000-an.

Penipuan berbasis telepon premium ini lebih dikenal dengan istilah wangiri, dari kata dalam bahasa Jepang yang bermakna "panggilan tak terjawab". Modus penipuan ini ditengarai memang berasal dari "Negeri Matahari Terbit".

Baca: Diimingi Uang Rp 130 Juta, IRT Ini Malah Ditusuk Tiga Begal

Halaman
12
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved