VIDEO CONTENT: Survei Rakata Institute, Belum Ada Cagub Dominan

Hasil ini berbeda dengan survei yang pernah diumumkan beberapa lembaga lain sebelum ini.

Laporan Reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Lembaga survei Rakata Institute mengumumkan hasil survei untuk Pilgub Lampung, Pileg, Pilpres, dan Pilkada Kabupaten Tanggamus, Kamis, 12 April 2018.

Dalam survei ini, pasangan calon gubernur (cagub) nomor urut tiga, Arinal Mustafa-Chusnunia Chalim, berada pada urutan pertama elektabilitasnya. 

Posisi kedua ditempati Herman HN-Sutono. Disusul M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri di posisi ketiga dan Mustafa-Ahmad Jajuli posisi keempat.

Hasil ini berbeda dengan survei yang pernah diumumkan beberapa lembaga lain sebelum ini. 

Baca: Survei Calon Senator Versi Rakata, Ternyata Sosok Ini Ungguli Andi Surya dan Anang Prihantoro

Baca: Makam Dibongkar untuk Autopsi, Ibunda Yogi: Kami Ingin Keadilan

Seperti pada Maret lalu, Syaiful Muzani Reseach Center (SMRC) dan Charta Politika menyebut elektabilitas M Ridho-Bachtiar Basri paling unggul. Mereka akan bersaing ketat dengan pasangan cagub nomor dua, Herman HN-Sutono.

Namun pada survei Rakata ini, persaingan ketat justru antara Arinal Djunaidi-Chusnunia (Nunik) dan Herman HN-Sutono.

"Tidak ada satu pun kandidat yang mampu mendominasi elektabilitas hingga saat ini. Dengan elektabilitas saat ini, Mustafa-Jajuli diprediksi angkat koper lebih dini. Sedangkan ketiga pasangan lainnya bersaing cukup ketat. Meski demikian, Arinal-Nunik dan Herman-Sutono diprediksi akan menjadi paslon yang berpeluang besar merebut kursi BE-1," jelas Direktur Eksekutif Rakata Institute Eko Kuswanto dalam konferensi pers di Cafe Wiseman, Pahoman, Bandar Lampung.

Apa kata para cagub soal hasil survei ini dan seperti apa hasil survei untuk pileg dan pilpres? Simak laporan lengkapnya pada Koran Tribun Lampung, edisi Jumat, 13 April 2018. 

Penulis: dennish prasetya
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved