KPU Tanggamus Butuh 11.067 Personel untuk Penempatan Anggota KPPS

KPU Tanggamus masih membuka pendaftaran untuk 11.067 orang sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga 17 April 2018

KPU Tanggamus Butuh 11.067 Personel untuk Penempatan Anggota KPPS
Tribunlampung/Tri
pilkada damai tanggamus 

Laporan wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - KPU Tanggamus masih membuka pendaftaran untuk 11.067 orang sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga 17 April 2018.

Menurut anggota KPU Tanggamus Antoniyus, KPPS adalah petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk penyelenggaraan Pilgub Lampung dan Pilbup Tanggamus. Masa pendaftaran telah dibuka sejak 11 April dan ditutup lusa, 17 April 2018.

Baca: Menteri Hebat Ini Disebut-sebut Tak Bisa Jadi Cawapres Gara-gara Ijazah

Baca: Selain Nafa Urbach, Ini Deretan Artis yang Diganggu Makhluk Halus Saat Syuting Film Horor

"Untuk KPPS totalnya dibutuhkan 11.067 orang bertugas di 1.581 TPS. Di luar itu dibutuhkan juga 3.162 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) bertugas mengamankan setiap TPS," kata Antoniyus, Minggu 15 April 2018.

Ia menjelaskan, syarat calon jadi KPPS, di antaranya, berusia minimal 17 tahun. Berdomisili di wilayah kerja KPPS sesuai tempat tinggal. Tidak jadi anggota partai politik minimal lima tahun sebelumnya. Mampu secara jasmani dan rohani, serta bebas narkotika.

Tidak pernah dipidana atau diancam dengan pidana lima tahun lebih. Tidak diberi sanksi dari KPU/KIP atau DKPP. Belum pernah menjabat dua kali sebagai KPPS. Tidak dalam ikatan perkawinan antar sesama penyelenggara pemilu. Pendidikan minimal setingkat SMA.

"Untuk syarat pendidikan tidak mutlak, jika tidak ada orang lain lagi maka yang bersangkutan harus penuhi kecakapan tulis dan berhitung yang dibuktikan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat," terang Antoniyus. (Tri Yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved