Hasil Simulasi KPU: Waktu Tercepat Mencoblos 2,1 Menit

Pembatasan jumlah pemilih itu untuk mempersingkat pelaksanaan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS simulasi.

Hasil Simulasi KPU: Waktu Tercepat Mencoblos 2,1 Menit
Tribun Lampung/Beni Yulianto
KPU Kota Bandar Lampung menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, Minggu, 22 April 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Beni Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang dilakukan KPU Kota Bandar Lampung menghasilkan deskripsi durasi waktu yang dibutuhkan di tempat pemungutan suara (TPS).

Selain itu, dari hasil simulasi didapat fakta bahwa masih terjadi human error dalam proses penghitungan suara. Meskipun seluruh petugas KPPS merupakan anggota PPS yang telah mendapatkan bimbingan teknis dari KPU Kota Bandar Lampung, kesalahan didapati saat menulis penghitungan perolehan suara calon di formulir C1 plano.

Ketua KPU Kota Bandar Lampung Fauzi Heri mengatakan, untuk menghitung proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS, pihaknya mengerahkan tiga orang petugas pencatat waktu.

Dari 250 pemilih yang didaftar dalam DPT, hanya 70 pemilih menggunakan hak pilihnya. Pembatasan jumlah pemilih itu untuk mempersingkat pelaksanaan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS simulasi.

Baca: Daftar DPD RI, Alzier Didampingi Sosok Ini

"Mengingat waktu simulasi terbatas, kita membatasi hanya 70 pemilih saja. Ini agar waktunya efektif dan efisien. Kesalahan didominasi human error," katanya, Minggu, 22 April 2018.

Fauzi yang mengawasi langsung pelaksanaan simulasi menjelaskan, dari beberapa sampel pemilih yang dihitung waktunya, waktu tercepat yang dibutuhkan pemilih untuk menggunakan hak pilihnya hanya kisaran 2,1 menit. Sementara waktu terlama yang dibutuhkan pemilih 4,35 menit.

"Waktu yang dibutuhkan pemilih itu dengan catatan seluruh pemilih dalam kondisi fisik yang normal dengan rata-rata usia di 25 hingga 50 tahun. Pemilihnya merupakan anggota PPS dan relawan masyarakat sekitar," ujarnya.

Baca: Dua Tokoh Ternama Lampung Daftar DPD RI

Halaman
12
Penulis: Beni Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved