Akademisi UBL Jadi Saksi Ahli OJK

Salah satu dosen Universitas Bandar Lampung (UBL) Dr. Zulfi Diane Zaini, M.H., ditunjuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Akademisi UBL Jadi Saksi Ahli OJK
Istimewa
Departemen Penyidik OJK Pusat hadir pada tanggal 17 April 2018 lalu di Kampus Drs. H. RM. Barusman. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID Bandar Lampung - Salah satu dosen Universitas Bandar Lampung (UBL) Dr. Zulfi Diane Zaini, M.H., ditunjuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pusat untuk memberi keterangan ahli terhadap salah satu kasus tindak pidana perbankan.

Untuk pemeriksaan terkait keterangan ahli tersebut Departemen Penyidik OJK Pusat hadir pada tanggal 17 April 2018 lalu di Kampus Drs. H. RM. Barusman.

Diane mengatakan kasus ini merupakan kali kedua ia diminta memberikan keterangan ahli oleh OJK pusat “Kasus ini merupakan kasus ke-2 saya diminta OJK pusat untuk memberikan keterangan ahli.

Kasus Tindak Pidana Perbankan tersebut merupakan kasus kredit fiktif yang dilakukan oleh pejabat bank dengan modus pembuatan data fiktif sehingga kredit tersebut dapat dicairkan untuk menutupi Non Performing Loan (NPL) kepada salah satu nasabah bank tersebut guna kepentingan bank agar tidak terjadi NPL pada Bank tersebut” terang Diane saat di wawancarai di Kampus Drs. H. RM. Barusman, Rabu (18/04/2018).

Dosen UBL yang telah menulis beberapa buku ini mengatakan penunjukannya untuk memberikan keterangan ahli dalam kasus ini karena konsentrasi pendidikannya yang berfokus pada hukum perbankkan “Tidak banyak akedemisi hukum yang fokus pendidikannya dihukum perbankkan ini karena konsentrasi hukum perbangkan ini multidisipliner.

Untuk di Lampung hanya saya sendiri yang ditunjuk oleh OJK pusat sebagai saksi ahli terkait hukum perbankan” ujar Diane

Diane yang juga Ketua Pusat Studi Hukum Perbankan (PSHP) UBL berharap agar kasus-kasus seperti ini tidak terjadi lagi “Setelah penyidikan selesai dan kasus dilimpahkan di pengadilan saya akan diminta untuk memberikan keterangan lagi. Saya berharap agar kasus ini segera selesai dan tidak terjadi lagi kasus-kasus seperti ini di Indonesia terutama di Lampung” tutup Diane.

Tags
UBL
OJK
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved