BPN Belanda Apresiasi Pengurusan Sertifikat Tanah di Kecamatan Limau

Program PaLaR berjalan di Pekon Kuripan sejak awal 2018 lalu dan mendapat apresiasi dari Netherland Kadaster (BPN-nya Belanda).

BPN Belanda Apresiasi Pengurusan Sertifikat Tanah di Kecamatan Limau
Tribun Lampung/Tri Yulianto
Kantor Pertanahan Tanggamus membagikan 530 sertifikat tanah kepada masyarakat di Kecamatan Limau, Kamis, 24 Mei 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Kantor Pertanahan Tanggamus membagikan 530 sertifikat tanah kepada masyarakat di Kecamatan Limau

Kepala Kantor Pertanahan Tanggamus Sudarman Harjasaputra mengatakan, sertifikat tanah yang dibagikan adalah hasil gabungan program antara Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dan Project Participative Land Registration (PaLaR). 

"Sebanyak 530 sertifikat itu rinciannya 400 sertifikat tanah untuk Pekon  Tegineneng, 50 Pekon Kuripan, dan 80 di Pekon Banjar Agung," kata Sudarman, Kamis, 24 Mei 2018. 

Baca: Rp 900 Juta untuk Percantik Way Lalaan

Program PaLaR berjalan di Pekon Kuripan sejak awal 2018 lalu dan mendapat apresiasi dari Netherland Kadaster (BPN-nya Belanda). 

"PaLaR di Kuripan ini berhasil, terbukti mendapat pujian dari Netderland Kadaster. Untuk Kuripan sendiri dari 600 bidang baru keluar 50 sertifikat, untuk sisanya pekan depan," terang Sudarman.

Baca: Nabung Rp 20 Ribu, Warga di Sini Sudah Dapat ATM

Menurut Suzane dari Netherland Kadaster, PaLaR di Pekon Kuripan Kecamatan Limau adalah percontohan terbaik dan ke depan program partisipasi aktif masyarakat ini akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. 

"Dengan adanya program PaLaR ini, harapannya kita bisa belajar mengenai proses pendaftaran tanah. Pendaftaran tanah bukanlah untuk diri sendiri, tapi untuk generasi mendatang yakni anak cucu kita," kata Suzane. (*)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved