Jelang Arus Mudik, Longsor di Jalinsum Desa Hatta Masih Terbengkalai

Longsor di sisi jalinsum ruas km 76 Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, masih terbengkalai.

Jelang Arus Mudik, Longsor di Jalinsum Desa Hatta Masih Terbengkalai
Tribun Lampung/Dedi Sutomo
Penumpang pejalan kaki antre membeli tiket kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (3/6/2018). 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG DEDI SUTOMO

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Lewat sepekan, longsor di sisi jalan lintas Sumatera ruas kilometer 76 Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, masih terbengkalai. Belum ada langkah penanganan dari instansi terkait.

Pantauan Tribun, Minggu (3/6/2018), di lokasi longsor hanya terdapat police line (garis polisi) sebagai tanda peringatan bagi para pengguna jalan.

Belum adanya penanganan menuai tanda tanya sejumlah pengguna jalan.

"Aneh juga belum ada perbaikan. Ini sudah mendekati mudik Lebaran. Jalinsum kan jalur utama mudik Lebaran," kata Zainal, pengguna jalan.

Kasat Lantas Polres Lamsel Ajun Komisaris Reza Khomeini memastikan, pihaknya telah mengusulkan perbaikan ke Bidang Pemeliharaan Jalan Nasional. Pasalnya, longsoran tersebut berpotensi mengganggu kelancaran arus mudik Lebaran.

"Kami minta perbaikan segera. Kalau hujan, longsor bisa semakin parah. Bahkan bisa mengancam badan jalan jadi ikut ambrol," ujar Reza.

Di Pelabuhan Bakauheni, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bakauheni telah menyiapkan beberapa fasilitas demi menunjang pelayanan mudik Lebaran.

Satu fasilitas di antaranya adalah penambahan tollgate pembelian tiket untuk penumpang berkendara mobil. Penambahan tersebut dari sebelumnya 8 loket menjadi 17 loket.

Kemudian, penambahan tollgate pembelian tiket untuk penumpang berkendara sepeda motor. Dari sebelumnya 6 loket, kini menjadi 14 loket.

Begitu juga loket pembelian tiket untuk penumpang pejalan kaki yang bertambah menjadi 14 loket.

Penambahan sarana lainnya adalah toilet fortable di setiap dermaga.

"Kami siapkan 6 toilet portable di setiap dermaga untuk pelayanan mudik Lebaran tahun ini," kata Humas PT ASDP Cabang Bakauheni Saifulillah, Minggu (3/6/2018).

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved