Empat Titik Jalur Mudik Jalinteng Ruas Lampura Rawan Macet

Setidaknya ada empat titik rawan macet di jalan lintas tengah Sumatera ruas Lampung Utara.

Empat Titik Jalur Mudik Jalinteng Ruas Lampura Rawan Macet
Tribunlampung/Anung Bayuardi
Kemacetan di jalan lintas tengah Sumatera ruas Lampung Utara. 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG ANUNG BAYUARDI

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Setidaknya ada empat titik rawan macet di jalan lintas tengah Sumatera ruas Lampung Utara. Ini berdasarkan hasil analisis Satuan Lalu Lintas Polres Lampura.

Satu di antara empat titik tersebut, yaitu jalinteng ruas Desa Candimas, Kecamatan Abung Selatan. Penyebab kemacetan di titik jalur mudik Lebaran ini karena keberadaan pasar beduk.

"Untuk di jalan lintas Candimas, penyebab kemacetan karena adanya pasar beduk. Waktu kemacetan mulai sekitar pukul 15.00 sampai pukul 17.30 WIB," kata Kasat Lantas Polres Lampura Ajun Komisaris Suprapto, Senin (4/6/2018).

Tiga titik rawan macet lainnya adalah Tugu Payan Mas Kotabumi; Jalan Soekarno- Hatta, tepatnya di persimpangan Jalan Kapten Mustofa; dan jalinteng ruas Kecamatan Bukit Kemuning.

Untuk mengantisipasi kemacetan parah di empat titik tersebut, Sat Lantas Polres Lampura akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Khusus di jalinteng ruas Candimas, Sat Lantas akan menerjunkan personel untuk mengatur arus kendaraan.

Sementara di ruas Tugu Payan Mas Kotabumi, Sat Lantas akan mengalihkan kendaraan ke jalur alternatif.

"Kami akan mengalihkan kendaraan dari arah Bandar Lampung melalui Jalan Tjoekoel Soebroto, sebelum Tugu Payan Mas," jelas Suprapto.

Jalan Bergelombang dan Licin

Selain titik rawan macet, Sat Lantas Polres Lampura juga mengidentifikasi titik rawan kecelakaan lalu lintas. Setidaknya terdapat dua titik rawan lakalantas di jalur mudik jalinteng. Masing-masing di jalinteng ruas Kecamatan Abung Selatan dan Kecamatan Abung Barat.

Penyebab dua titik itu rawan lakalantas, menurut Kasat Lantas Ajun Komisaris Suprapto, karena kondisi jalan bergelombang dan licin.

"Pengendara yang akan melintasi jalinteng ruas Kecamatan Abung Selatan dan Abung Barat harap berhati-hati, karena jalan bergelombang. Kalau hujan, kondisi jalan sangat licin. Di dua titik itu sering terjadi lakalantas," jelas Suprapto.

Di Tulangbawang, Dinas Perhubungan dan Polres setempat telah mengidentifikasi titik-titik rawan lakalantas di jalur mudik jalan lintas timur. Hasilnya, ada lima titik rawan lakalantas di jalintim.

Masing-masing di tanjakan Cakat ruas Kampung Cakat Raya, Kecamatan Menggala Timur; tikungan Astra Ksetra; simpang Lembaga Pemasyarakatan Menggala; tikungan letter S di Unit 5; dan turunan Simpang Penawar, Kecamatan Banjar Margo.

Penulis: anung bayuardi
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved