Ramadan 1439 H

Cerita 3 Tokoh Lampung Laksanakan Ibadah Itikaf

Ibadah yang disunahkan tersebutlah yang ditunggu-tunggu beberapa tokoh penting Lampung yang akan turut melaksanakan kegiatan itikaf.

Cerita 3 Tokoh Lampung Laksanakan Ibadah Itikaf
Rektor IAIN Mukri 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Solichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Suasana masjid-masjid di Indonesia secara umum bahkan Lampung di waktu malam memasuki sepuluh hari terakhir di bulan suci ramadan tampak berbeda yang jatuh pada pada Senin (5/6) malam ini.

Pasalnya, jika malam-malam sebelumnya setelah selesai melaksanakan ibadah salat sunah tarawih jemaah langsung pulang dan tidak kembali lagi ke masjid.

Baca: Via Vallen Ngaku Dilecehkan Pesepak Bola Terkenal, Nikita Mirzani Malah Lontarkan Komentar Menohok

Pada malam ini, para jemaah di masjid-masjid setelah melaksanakan ibadah salat tarawih akan menyambung kegiatan ibadah pada malam hari dengan berdiam diri dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berzikir, salat malam (kiyamul lail), tadarus Al Quran, dan lainnya.

Baca: Ini Deretan Politikus dan Artis yang Ikut Rekaman Lagu #2019GantiPresiden

Kegiatan yang dilakukan tersebut dikenal dengan istilah itikaf. Pengertiannya dalam konteks ibadah dalam Islam adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah SWT dan bermuhasabah (introspeksi) atas perbuatan-perbuatannya.

Baca: Di Luar Kebiasaan, Begini Cara Unik Soimah Promosikan Sarung Milik Sujiwo Tejo

Ibadah yang disunahkan tersebutlah yang ditunggu-tunggu beberapa tokoh penting Lampung yang akan turut melaksanakan kegiatan itikaf di antaranya Rektor IIB Darmajaya Ir. Hi. Firmansyah Y Alfian, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan, M Mukri dan Ketua Hipmi Lampung Arie Nanda Djausal.

Firmansyah Y Alvian.
Firmansyah Y Alvian. (YouTube)

"Ya kegiatan itikaf akan dimulai malam ke 21 ini insyaallah, dan di komplek saya juga ada masjid dan kita buat kegiatan itikaf bersama sudah hampir lima tahun terakhir berjalan secara rutin tepatnya di Masjid Al Aulia di Jl. Pembangunan A 7 Sukarame, Way Dadi," tutur Rektor IIB Darmajaya Ir. Hi. Firmansyah Y Alfian.

Kegiatan itikaf di tempatnya tersebut, sambungnya, tidak hanya terbatas pada bulan ramadan saja akan tetapi rutin dilaksanakan sebanyak tiga hari setiap bulannya. "Sebenarnya kita rutin buat kegiatan itikaf di sini. Kalau dihitung sebanyak tiga hari dalam setiap bulan," tuturnya.

Tujuan dilakukannya itikaf ini adalah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT dan bagaimana melatih membiasakan diri mencintai masjid, berdiam diri di masjid dan membuat amalan-amalan sesuai amalan sunah.

"Dan jika hanya dilaksanakan pada saat bulan ramadan saja sangat disayangkan. Karena ada bulan-bulan lain kita perlu melakukan pendekatan diri kepada Allah SWT," ucapnya.

Halaman
1234
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved