Anak Beranjak Remaja, Ini Sikap yang Harus Dilakukan Orangtua

Bagaimana sikap kita sepatutnya sebagai orangtua mendampingi masa transisi dari anak-anak menuju ke remaja?

Anak Beranjak Remaja, Ini Sikap yang Harus Dilakukan Orangtua
Huffingtonpost
ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - YTH Psikolog. Bagaimana sikap kita sepatutnya sebagai orangtua mendampingi masa transisi dari anak-anak menuju ke remaja? Mohon penjelasannya, terimakasih.

Pengirim: +6285779854xxx

Bisa Jadi Sumber Informasi Utama

Baca: Ini 10 Instruksi KPU Lampung Pada Hari Pencoblosan

MASA transisi/peralihan dari anak-anak menuju remaja sangatlah membutuhkan dukungan dari orangtua karena pada masa transisi ini masalah mereka sangat kompleks dan unik dikarenakan remaja mudah terpengaruh dari hal-hal yang bersifat kebaikan maupun keburukan.

Pada masa ini peran keluarga dan lingkungan sekitar sangat penting dikarenakan pada masa ini adalah masa percobaan, masa pembuktian dan masa pencarian identitas diri.

Baca: Pengusaha Muda Ganteng dan Tajir! 7 Fakta tentang Roestiandi Tsamanov, Kekasih Naysilla Mirdad

Pada saat ini secara biologis remaja mengalami perubahan fisik yang membuat mereka tidak nyaman dan terkadang kurang percaya diri, cara berpikir juga mulai berubah, remaja mulai berpikir idealis dan logis serta suka membandingkan pendapat satu dengan lainnya.

Secara emosional remaja juga mulai bergaul dan beradaptasi sehingga lingkungan sekitar yang baik merupakan syarat utama supaya remaja tumbuh dan berkembang secara baik.

Orangtua merupakan model dan kunci yang sangat penting supaya remaja tumbuh menjadi pribadi yang baik. Cara yang bisa dilakukan orangtua antara lain:

1. Idealnya orangtua bisa dijadikan sumber informasi yang utama dan bisa dipercaya oleh remaja. Jangan merasa tabu untuk membicarakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan seks, kehamilan, narkotika, merokok, dll. Sehingga anak akan merasa nyaman berkomunikasi dengan anda,
2. Jelaskan tentang perubahan fisik dan kesehatan reproduksi pada remaja sehingga remaja memilik konsep diri yang sehat dan penampilan yang positif sesuai situasi,
3. Tanamkankanlah nilai agama dan moralitas sehingga remaja tidak menjadi hedonis dan memiliki kontrol dengan situasi yang tidak sehat yang ada di sekitarnya,
4. Ajarkanlah remaja untuk menghormati orangtua sehingga remaja mampu berbicara yang baik dan tidak kasar kepada orangtua,
5. Milikilah komunikasi yang jujur dan terbuka sehingga remaja akan terbuka kepada anda,
6. Ajarkanlah remaja supaya mampu untuk membuat keputusan yang baik untuk dirinya dan berikanlah dia privasi dengan temannya sehingga anda tidak selalu turut campur ketika remaja bermasalah.

RETNO RIANI MPsi
Psikolog

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved