Pilkada Serentak 2018

MUI Lampung Ungkap Syarat Pemimpin yang Layak Dipilih

Ketua MUI Lampung Khairuddin Tahmid mengatakan, warga diimbau menggunakan hak pilih sesuai hati nurani dengan memilih pemimpin yang terbaik.

MUI Lampung Ungkap Syarat Pemimpin yang Layak Dipilih
MUI Lampung
Ketua Umum MUI Lampung KH Khairuddin Tahmid 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Achmad Solihin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung mengimbau masyarakat, khususnya umat Muslim, menggunakan hak pilihnya dalam pilkada, Rabu, 27 Juni 2018 besok.

Besok Lampung akan menggelar tiga pilkada, yakni Pilgub Lampung serta Pilbup Tanggamus dan Lampung Utara.

Ketua MUI Lampung Khairuddin Tahmid mengatakan, warga diimbau menggunakan hak pilih sesuai hati nurani dengan memilih pemimpin yang terbaik.

Baca: Banyak Kejanggalan, CEO Chicken Crush Beberkan Kronologi Temuan Ayam Goreng Diduga Busuk

Menurutnya, perbedaan pilihan jangan dijadikan alasan untuk mengintimidasi, memprovokasi, dan menghasut orang lain. Kepentingan berbangsa dan bernegara serta persatuan dan kesatuan harus lebih diutamakan.

"Jadi, marilah kita jaga situasi dan kondisi sekitar agar aman, damai, dan terbangun suasana kehidupan penuh harmoni. Mari awasi proses Pilkada 2018 ini untuk mencegah potensi terjadinya kecurangan dan gangguan keamanan yang tidak kita inginkan," kata Khairuddin, Selasa, 26 Juni 2018.

Baca: SMRC Hanya Rilis Hitung Cepat Pilgub Lampung Via Televisi Nasional

Khairuddin juga mengingatkan para pemilih terkait hasil Ijtima Ulama Komisi Fatwa Se-Indonesia Tahun 2009 yang menegaskan bahwa memilih pemimpin berdasarkan ajaran Islam adalah kewajiban untuk menegakkan imamah dan imarah dalam kehidupan bersama.

"Umat Islam wajib memilih pemimpin yang beriman, bertakwa, jujur (shiddiq), tepercaya (amanah), aktif, dan aspiratif (tabligh), dan mempunyai kemampuan (fathanah) sekaligus memperjuangkan kepentingan umat Islam," jelasnya. (*)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved