Pilgub Lampung 2018

SMRC Hanya Rilis Hitung Cepat Pilgub Lampung Via Televisi Nasional

Karena disiarkan di televisi, menurutnya, SMRC tidak membuka pusat data di Lampung yang bisa diakses media.

SMRC Hanya Rilis Hitung Cepat Pilgub Lampung Via Televisi Nasional
Tribun Lampung/Okta Kusuma Jatha
Pilgub Lampung 

Laporan Reporter Tribun Lampung Beni Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Syaiful Muzani Reseach and Consulting (SMRC) menjadi salah satu lembaga survei nasional yang ikut melakukan hitung cepat atau quick count (QC) Pilgub Lampung 2018.

Mereka belum berencana merilis hitung cepat di Lampung. Karena hasil survei mereka akan disiarkan melalui stasiun televisi swasta nasional.

Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas mengatakan, mereka sejak semula melakukan survei Pilgub Lampung 2018.

Karena itu, mereka juga melakukan hitung cepat. SMRC juga sudah terdaftar di KPU Lampung.

“Nanti kami hitung cepat disiarkan langsung di TV. Untuk Lampung disiarkan juga. Kalau tidak salah di Metro TV dan CNN,” kata Sirojudin melalui ponsel, Selasa, 26 Juni 2018.

Baca: Belum Dapat C6 untuk Pencoblosan Besok? Begini Kata KPU

Karena disiarkan di televisi, menurutnya, SMRC tidak membuka pusat data di Lampung yang bisa diakses media.

“Untuk Lampung lokasi konpers belum. Karena kita langsung disiarkan di TV. Kami bersama-sama semua daerah yang pilkada dari Jakarta, kita fokus pilkada secara nasional,” jelasnya.

Untuk pilkada serentak di Lampung, termasuk Pilkada Lampung Utara dan Tanggamus, SMRC tidak melakukan hitung cepat. SMRC hanya fokus hitung cepat untuk Pilgub Lampung.

“Untuk Lampung, kabupaten tidak, provinsi saja. Tim di Lampung hitung cepat sudah siap. Lama prosesnya, pelatihan, menentukan lokasi sebaran TPS sudah semua. Untuk Lampung ada 480 orang, dengan sebaran 400 TPS, ditambah supervisor monitor 80 orang. Cukup besar tim kami di Lampung,” bebernya.

Meski hanya mendata 400 TPS dari 15 ribu TPS di Lampung, ia memastikan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dengan margin error 1 persen.

Baca: Rakata: Jika Pilgub Diadakan Hari Ini, Pemenangnya Adalah…

“Untuk tingkat kepercayaan 95 persen, margin error 1 persen. Tergantung nanti datanya, apakah homogen atau heterogen. Semakin bagus datanya, tidak beda-beda hasilnya, margin error lebih kecil. Tapi, maksimal 1 persen. Kita biasanya nol koma,” ujarnya.

SMRC, terus dia, sangat berpengalaman dalam melakukan survei dan hitung cepat. Karena itu, ia yakin 400 TPS dengan responden proporsional per wilayah bisa menentukan pemenang di Pilgub Lampung.

“Empat ratus (TPS) itu bisa mewakili. Ada teknik sampling yang sangat bagus, proporsional wilayah. Jadi kita buat sangat hati-hati, sehingga representasi dari populasi itu tecermin dari sampel,” pungkasnya. (*)

Penulis: Beni Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved