Hitung Cepat Litbang Kompas Pilkada Jateng, Data Masuk 87%, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Unggul 58,20%

Hasil hitung cepat tim penelitian dan pengembangan (Litbang) Kompas hingga pukul 15.11 WIB, sudah mengumpulkan data hingga 87 persen.

Hitung Cepat Litbang Kompas Pilkada Jateng, Data Masuk 87%, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Unggul 58,20%
Ganjar Pranowo (kiri) dan Sudirman Said (ANTARA FOTO/R REKOTOMO, ANGGA TRISATYA) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Hasil hitung cepat tim penelitian dan pengembangan (Litbang) Kompas hingga pukul 15.11 WIB untuk Pilkada jawa Tengah sudah mengumpulkan data hingga 87 persen.

Pantauan Kompas.com di Pusat Litbang Kompas, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin unggul sebesar 58,20 persen.

Sementara pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah sebesar 41,80 persen. Manager Litbang Kompas Toto Suryaningtyas memaparkan angka tersebut sudah relatif stabil.

Baca: Laporkan Indikasi Kecurangan Pilkada Lewat Aplikasi Gowaslu, Begini Caranya

Baca: Real Count Cyrus Network Pilgub Lampung, Data Masuk 58,4 Persen, Arinal-Nunik Masih Unggul

"Iya betul, sudah stabil enggak akan banyak berubah lagi," kata Toto, Rabu (27/6/2018).  Sementara itu, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo, data hitung cepat Pilkada Jateng sudah stabil sejak pukul 14.00 WIB.

"Bisa dibilang Ganjar-Taj Yasin unggul. Sejak jam 14.00 WIB sudah stabil. Secara statistik tidak bisa berubah, kecuali desimal-desimalnya," kata Budiman.

Dalam hitung cepat ini, Litbang Kompas mengambil sampel sebanyak 400 tempat pemungutan suara (TPS) tiap provinsi. Sampel dipilih dengan metode stratified sistematic sampling yang tersebar di seluruh daerah.

Toto mengatakan, pihaknya memutuskan mengambil sampel 400 TPS berdasarkan pertimbangan jumlah populasi TPS, dana serta akses yang dimiliki Litbang Kompas. Adapun simpangan kesalahan (margin of error) 1 persen.

Artinya, hasil survei bisa bertambah atau berkurang sekitar 1 persen. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 99 persen

Sementara, hasil sementara hitung cepat atau quick count oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada pilkada serentak di Jawa Tengah pukul 15.00 WIB juga menunjukkan pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen unggul terhadap pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari laman resmi SMRC, sudah ada 89 persen data yang masuk.

Pasangan Ganjar-Taj Yasin mendapatkan perolehan suara 59,36 persen, sedangkan pasangan Sudirman-Ida memperoleh 40,64 persen suara.

Populasi dalam quick count ini adalah seluruh pemilih sah yang datang ke 300 tempat pemungutan suara (TPS) di Jawa Tengah.

Sampel dipilih menggunakan metode stratified cluster random sampling dengan margin of error plus minus 1 persen dan tingkat kepercayaan 99 persen.

Angka dalam quick count ini bukan hasil penghitungan resmi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan melakukan rekapitulasi pemungutan suara hingga 9 Juli 2018 mendatang sehingga hasil penghitungan resminya baru diumumkan setelah proses rekapitulasi selesai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Litbang Kompas Data 87 Persen: Ganjar-Taj Yasin Unggul 58,2 Persen", .

Editor: soni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved