Sungguh Mulia, Polisi Ini Rela Gendong Lansia untuk Nyoblos ke TPS

“Selain sudah tua, Mbah Sri itu mengalami sakit stroke sehingga tidak bisa berjalan. Mbah Sri kemudian bilang ingin mencoblos"

Sungguh Mulia, Polisi Ini Rela Gendong Lansia untuk Nyoblos ke TPS
Kompas/Dok.pribadi
Bripka Purnomo saat menggendong Sri Surtini menuju TPS 01. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Seorang anggota Polsek Babat, Lamongan, Jawa Timur, Bripka Purnomo, rela mengantar seorang janda tua yang terkendala dengan kesehatannya, namun berkeinginan menyalurkan aspirasinya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur (Jatim) 2018.

Tanpa ragu, Bripka Purnomo langsung mendatangi kediaman lansia (lanjut usia) tersebut, yang diketahui bernama Sri Surtini (75), warga RT2/RW1 Kelurahan Banaran, Kecamatan Babat, Lamongan, ketika dimintai pertolongan.

“Kebetulan saya Pospam (pos pengamanan) di situ, karena memang masuk wilayah saya. Kemudian ada Pak RT setempat yang kasih kabar, ada seorang warganya yang lansia ingin mencoblos tapi terkendala kesehatan," ujar Bripka Purnomo, Rabu (27/6/2018).

Baca: Hitung Cepat Litbang Kompas Data Masuk 87 Persen, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Unggul 58,20 Persen

Berbekal informasi tersebut, Bripka Purnomo akhirnya mendatangi kediaman Sri bersama dengan Eko yang tak lain merupakan Pak RT setempat. Ternyata didapati, lansia tersebut tidak lagi mampu berjalan lantaran mengalami sakit stroke.

Baca: Real Count Cyrus Network Pilgub Lampung, Data Masuk 58,4 Persen, Arinal-Nunik Masih Unggul

“Selain sudah tua, Mbah Sri itu mengalami sakit stroke sehingga tidak bisa berjalan. Mbah Sri kemudian bilang ingin mencoblos, makanya saya merasa terpanggil dan kemudian menggendong Mbah Sri ke TPS 01, sebab saya juga merasa khawatir dengan kondisinya. Karena selain menjaga keamanan, tugas polisi itu kan mengayomi masyarakat,” lanjut dia.

Sri Surtini sendiri tercatat sebagai pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 di RT2/RW1 Kelurahan Banaran, Kecamatan Babat, Lamongan. Di usianya yang sudah lanjut, Mbah Sri masih ingin menyalurkan aspirasinya dalam Pilkada Jatim kali ini.

“Alhamdulillah diterne Pak Polisi, dadi iso nyoblos. Matur nuwun Pak Polisi sampun purun ngeterne. (Alhamdulillah sudah diantarkan oleh Pak Polisi sehingga bisa ikut mencoblos. Terima kasih Pak Polisi sudah mau mengantar saya),” tutur Sri Surtini.

Purnomo sendiri menyatakan, tidak ada maksud apapun dalam menolong Mbah Sri, selain panggilan hati untuk menolong keinginan si mbah dalam menyalurkan aspirasinya dalam Pilkada Jatim 2018, yang diikuti pasangan calon Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Dalam keseharian, Purnomo juga kerap melakukan kegiatan sosial dan berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Ia tergabung dalam komunitas Berkas alias Berbagi dengan Ikhlas, yang kerap menyantuni orang-orang kurang mampu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seorang Polisi Rela Gendong Lansia untuk Nyoblos ke TPS", https://regional.kompas.com/read/2018/06/27/15554261/seorang-polisi-rela-gendong-lansia-untuk-nyoblos-ke-tps.
Penulis : Kontributor Gresik, Hamzah Arfah
Editor : Aprillia Ika

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved