Hitung Cepat Rakata Institute, Pasangan Ini Unggul di Lampung Utara dan Tanggamus

Hitung cepat lembaga survei di dua pemilihan kepala daerah yakni Tanggamus dan Lampung Utara menempatkan pasangan ini unggul.

Hitung Cepat Rakata Institute, Pasangan Ini Unggul di Lampung Utara dan Tanggamus
Agung Ilmu Mangkunegara 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI  - Pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 3 Agung Ilmu Mangkunegara-Budi Utomo (Abdi) unggul sementara dalam Pilkada Lampung Utara.
Ini berdasarkan hasil quick count (hitung cepat) lembaga survei Rakata Institute serta Desk Pilkada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Lampura.
Mengacu hitung cepat Rakata dengan data masuk 53,03 persen, Abdi mendulang 50,56 persen.
Pasangan cabup-cawabup nomor urut 1 Zainal Abidin-M Yusrizal (ZaYa) berada pada urutan kedua dengan 34,57 persen.
Sementara pasangan calon nomor urut 2 Aprozi Alam-Ice Suryana (Oce) pada posisi buncit dengan raihan 14,78 persen.
Serupa, merujuk penghitungan sementara Desk Pilkada Kantor Kesbangpol hingga pukul 19.20 WIB, Abdi meraih 44.567 suara.
ZaYa dan Oce berada di bawahnya dengan raihan masing-masing 29.040 suara dan 12.163 suara. Adapun total Daftar Pemilih Tetap Pilkada Lampura 418.420 orang.
Dari tiga pasangan calon itu, masing-masing memiliki keunggulan suara di berbagai tempat pemungutan suara.
ZaYa, misalnya, unggul di TPS Rumah Tahanan Kotabumi dengan 54 suara. Lalu Oce unggul di TPS Lembaga Pemasyarakatan Kotabumi dengan 38 suara.
Sedangkan Abdi unggul di TPS di mana Agung mencoblos, yaitu TPS 109, Kelurahan Tanjung Aman, Kecamatan Kotabumi Selatan, dengan 181 suara.
"Dari total enam calon, tiga cabup dan tiga cawabup, dua orang tidak mencoblos karena tercatat sebagai pemilih di Bandar Lampung. Keduanya adalah Zainal dan Aprozi," kata anggota KPU Lampura Mad Akhir.
Pada hari H pemungutan suara, M Yusrizal menyempatkan membasuh dan mencium kaki ibu kandungnya sebelum mencoblos di TPS 86, Kelurahan Kota Alam, Kotabumi Selatan.
"Sebagai manusia biasa dan seorang anak, saya merasa memiliki banyak kesalahan dan dosa dengan orangtua, baik sengaja maupun tidak sengaja.
Dengan membasuh kaki ibunda, saya ingin mendapat berkah dari Allah SWT. Sebab, rida ibu adalah rida Allah SWT," ujarnya seraya meminta doa dari warga agar terpilih dalam pilkada.
Sementara Ice Suryana datang ke TPS 1, Kelurahan Kotabumi Udik, Kotabumi, bersama suami dan anak.
Begitu pula Agung Ilmu Mangkunegara yang datang bareng istri dan anak.
Kepada awak media usai mencoblos, Agung berharap seluruh warga menghargai apapun hasil pilkada.
"Siapa pun yang terpilih, hargai dan ikuti karena itulah pilihan rakyat atas restu Allah SWT," katanya. 
Pilbup Tanggamus
DI Tanggamus, pasangan cabup-cawabup nomor urut 1 Dewi Handajani-AM Syafi'i unggul sementara dari pasangan cabup-cawabup nomor urut 2 Samsul Hadi-Nuzul Irsan.
Dari hitung cepat Rakata Institute, Dewi-Syafi'i mendulang 53,67 persen.
Sedangkan Samsul-Nuzul 46,33 persen.
Detail persentase hitung cepat tersebut masih memungkinan berubah.
Sebab, data terakhir pukul 16.54 WIB baru masuk 76,57 persen.
"Prediksinya, Dewi-Syafi'i bakal mengungguli Samsul-Nuzul dengan perolehan sementara 53,67 persen berbanding 46,33 persen," kata Direktur Eksekutif Rakata Institute Eko Kuswanto dalam rilis hitung cepat di Hotel Emersia, Bandar Lampung, Rabu (27/6).
Pada hari H pemungutan suara, Dewi mencoblos di TPS 1, Pekon Purwodadi, Kecamatan Gisting. Ia datang berbarengan dengan beberapa warga dan anggota tim pemenangan.
"Alhamdulillah, baru saja menunaikan salah satu kewajiban sebagai warga negara yang baik," kata Dewi. "Siapapun nanti yang terpilih, sebagai umat beragama, Bunda sepenuhnya menyerahkan kepada Allah SWT. Manusia hanyalah makhluk lemah yang hanya bisa berusaha, berdoa, dan tawakal," tuturnya.
Sementara Samsul menyalurkan hak pilih di TPS 5, Pekon Landbaw, Kecamatan Gisting. Ia datang ke TPS bersama anak dan menantu. "Saya minta kepada masyarakat dan pendukung untuk menjaga kondisi daerah," ujarnya. (tri/ben)
 
Editor: Safruddin
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved