Belum Pernah Juara MotoGP, Dani Pedrosa Bakal Jadi Pebalap ke-6 yang Dapat Gelar Legenda

Saya pikir ini menjadi kontribusi kecil dari kejuaraan ini atas apa yang sudah dilakukan Pedrosa sepanjang kariernya

DOK. MOTOGP CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta (kiri), merangkul Dani Pedrosa saat sang pebalap mengumukan keputusannya untuk pensiun di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Kamis (11/7/2018). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Meskipun belum memenangi satu gelar di kelas MotoGP, Dani Pedrosa dipandang layak untuk menyandang status legenda.

Hal tersebut diamini oleh CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta, saat menghadiri jumpa pers Dani Pedrosa di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Kamis (12/7/2018).

Menurut orang nomor satu di ajang MotoGP itu, Pedrosa akan mendapat gelar legenda MotoGP.

Baca: Live Streaming MotoGP Jerman 2018 - Siaran Langsung Trans7 Minggu 15 Juli Pukul 19.00 WIB

Upacara pemberian status legenda kepada Dani Pedrosa akan diselenggarakan pada balapan terakhir sang pebalap di Valencia pada November mendatang.

Sebagai informasi, dalam jumpa pers kemarin, Pedrosa mengumumkan pensiun dari ajang MotoGP usai kontraknya tidak diperpanjang oleh Repsol Honda. 

"Saya pikir ini menjadi kontribusi kecil dari kejuaraan ini atas apa yang sudah dilakukan Pedrosa sepanjang kariernya," kata Ezpeleta dikutip BolaSport.com dari Crash.

"Keputusan yang dibuatnya sungguh jujur dan loyal. Dia punya segalanya untuk tetap berkompetisi. Tetapi dengan bersikap jujur terhadap dirinya sendiri, dia sudah memutuskan untuk pensiun. Tidak semua orang akan melakukan hal yang sama.

"Saya ingin berterima kasih kepadanya, terima kasih dan terima kasih atas teladan yang Anda berikan kepada kami," ucap pria berkebangsaan Spanyol tersebut.

Baca: Valentino Rossi: Sungguh Menyedihkan, Dani Pedrosa Pantas Dapat 1 Gelar Juara MotoGP

Sementara itu, dengan pensiunnya Pedrosa dari MotoGPmembuatnya menjadi pebalap keenam yang menjadi legendaMotoGP meski belum meraih gelar juara di kelas premier.

Pedrosa akan bergabung dengan Jim Redman, Randy Mamola, Angel Nieto, Anton Mang, dan Jarno Saarinen sebagai pebalap legenda yang belum pernah menjuarai kategori dengan kapasitas mesin paling tinggi (selain Dajiro Kato dan Marco Simoncelli yang meninggal saat mengikuti balapan).

Lebih lanjut, Pedrosa juga menjadi pebalap tanpa gelar di kelas utama yang dapat mengoleksi jumlah kemenangan paling banyak.

Hingga musim ke-13 di kelas premier, pebalap tim Repsol Hondaitu sudah mengoleksi 31 kemenangan dari 112 hasil podium yang diraihnya.

Editor: Heribertus Sulis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved