Kalah Pemilihan Ketua RT, Ibar Minta Wali Kota Tinjau Ulang Hasil Pil RT

“Ini sangat janggal saya minta wali kota meninjau ulang hasil pil RT 06 Sumur Batu, karena aturan dibuat panitia jauh dari amanat pasal 28 UUd 45"

Kalah Pemilihan Ketua RT, Ibar Minta Wali Kota Tinjau Ulang Hasil Pil RT
Tribunlampung/Romi
Ibar Bramantyo 

Laporan Wartawan Tribun Lampung : Romi Rinando

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Bukan hanya Pilgub Lampung yang penuh dengan  dinamika, pasalnya pemilihan ketua Rukun Tetangga (RT) pun muncul ketidakpuasaan dari calon yang kalah. Contohnya pemilihan ketua RT di wilayah Kelurahan Sumur Baru, Teluk Betung Utara.

Salahsatu calon yang kalah Ibar Bramantyo menuding pemilihan  ketua RT 06 Sumur Batu dinilai tidak fair. Pasalnya terdapat puluhan warga yang tidak bisa menyalurkan hak politik dalam pemilihan RT karena terkendala syarat yang sudah ditetapkan oleh panita.

Baca: Tangkap Penyalahguna Narkoba, Polisi Dapati Segepok Uang Palsu

Warga yang berhak menyalurkan hak pilihnya adalah warga yang memiliki kartu keluarga dan KTP, sedangkan warga yang memiliki KTP sudah berdomisili lama, namun tidak memiliki KK tidak diperkenankan memilih.

Baca: Pengendara Motor Tewas Tabrak Truk Tronton di Bandar Dalam, Ini Kronologisnya

“Ini sangat janggal saya minta wali kota meninjau ulang hasil pil RT 06 Sumur Batu, karena aturan  dibuat panitia jauh dari amanat pasal 28 UUd  45, karena  pemilihan RT kemarin (Rabu 25/7)  hanya mensyaratkan warga yang telah mempunyai kartu keluarga  saja yang mendapat undangan pemilihan, sedangkan warga yang tidak ada KK tidak bisa milih padahal mereka terdaftar di  KK induk,” kata Ibar, Kamis (26/7).

Menurut Ibar, berdasarkan perwali nmor 6 tahun 2004 tentang pemilihan RT  disebutkan  yang berhak memilih adalah kepala keluarga yang berada di lingkungan RT setempat. Tidak ada tertulis wajib memiliki kartu KK.

Diketahui, pada pemilihan ketua RT 06 di Sumur Batu pada Rabu malam yang digelar  di Kantor Lurah Sumur Baru Ridwan sang ketua RT incumbent berhasil unggul dengan meraih 33 suara sedangkan Ibar hanya meraih 26 suara,  dan  1 suara tidak sah.(*)

Penulis: Romi Rinando
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved