Blood Moon 2018, Cara Mudah Menonton Live Streaming Gerhana Bulan Total Via Ponsel

Blood Moon 2018, Cara Mudah Menonton Live Streaming Gerhana Bulan Total Via HP

Blood Moon 2018, Cara Mudah Menonton Live Streaming  Gerhana Bulan Total Via Ponsel
(Dok NASA)
Super Blue Blood Moon 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Akhir pekan ini, bumi akan disuguhkan fenomena gerhana bulan total (GBT) atau bulan darah terlama abad ini.

Pasalnya, durasi keseluruhan gerhana bulan adalah 6 jam 14 menit dan hanya akan terjadi lagi 100 tahun mendatang, tepatnya pada tanggal 9 Juni 2123.

Meski ukuran bulan yang terlihat mata telanjang tak sebesar super blue blood moon Januari lalu, namun GBT kali ini juga istimewa.

Justru karena ukurannya lebih kecil, GBT ini lebih istimewa karena fase purnama bertepatan dengan saat Bulan menempati titik apogee-nya yang dikenal dengan istilah "Minimoon".

Bulan juga akan menampakan paras warna kebiruan, meskipun disebut blood moon atau bulan darah yang identik dengan kemerahan.

"Sapuan warna biru di paras Bulan akibat hamburan cahaya matahari oleh molekul-molekul Ozon," ujar astronom amatir, Marufin Sudibyo.

Keindahan GBT kali ini ditambah dengan kemunculan planet Mars di langit Indonesia.

Tepat saat gerhana kali ini, planet Mars berada di posisi terdekat dengan bumi dalam 15 tahun terakhir.

Tak hanya planet Mars, GBT kali ini juga dihiasi dengan hujan metero Piscis Austrinids yang tergolong hujan metero periodik.

Di Indonesia, awal gerhana akan terjadi pada Sabtu (28/7/2018) pukul 00.15 WIB, dan mulai terlihat secara kasat mata pada pukul 01:24 WIB, tepat saat bayangan inti (umbra) bersentuhan dengan cakram Bulan.

Halaman
123
Editor: taryono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved