Polres Lampung Utara Amankan 24 Tersangka‎ Narkoba, 2 Masih Pelajar

Meski begitu, tetap dilanjutkan proses hukum dengan mengacu kepada UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak.

Polres Lampung Utara Amankan 24 Tersangka‎ Narkoba, 2 Masih Pelajar
Tribun Lampung/Anung Bayuardi
Polres Lampung Utara menggelar ekspose ungkap kasus narkoba dengan mengamankan 24 tersangka. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Dalam kurun dua pekan saja, Polres Lampung Utara berhasil mengungkap 20 kasus narkoba dengan mengamankan 24 tersangka, baik pengedar maupun pemakai.

Dari 24 tersangka yang diamankan, 14 di antaranya adalah pengedar dan 10 orang pengguna. Bahkan ada dua tersangka yang masih berstatus pelajar.

"Barang bukti yang diamankan dari para tersangka takni narkoba jenis sabu sebanyak 8.69 gram, ganja 82,71 gram, ekstasi 2 butir, uang tunai sekitar 847 ribu rupiah dan psikotropika 1 butir," jelas Kapolres Lampung Utara AKBP Eka Mulyana didampingi Kasat Narkoba Iptu Andri Gustami, Minggu, 29 Juli 2018.

Selain itu, lanjut Kapolres, ada dua tersangka masuk kategori anak di bawah umur. Meski begitu, tetap dilanjutkan proses hukum dengan mengacu kepada UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak.

Baca: 74 Tersangka Narkoba Diringkus, 2 Masih Anak-anak

Kapolres menegaskan, pihaknya akan menjerat para pengedar dengan pasal 114 atau 112 Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Psikotropika. Ancaman hukuman minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun.

Sedangkan, untuk pengguna diterapkan pasal 112  dan pasal 127 dengan ancaman hukuman minimal dan maksimal 12 tahun.

Baca: Ditangkap karena Sabu, Sopir Bus Trans Lampung Malah Kedapatan Bawa Uang Palsu Rp 1,9 Juta

Dalam memerangi peredaran narkoba, polisi juga melakukan tindakan preventif. Caranya dengan melakukan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba di sekolah, pemasangan banner dan lainnya.

"Kita juga terus melakukan sosialisai melalui media penyiaran seperti radio yang kita miliki, radio bhayangkara. Setiap hari, kita sosialisasikan bahayanya narkoba bagi masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa," katanya. (*)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved