Berita Video Tribun Lampung

VIDEO - Punden Berundak Jadi Tempat Favorit Berfoto di Taman Purbakala Pugung Raharjo

Punden Berundak Objek ini yang sering digunakan untuk berfoto oleh para pengunjung. Ada beberapa punden yang sampai saat ini masih tersisa.

Laporan Reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Salah satu destinasi wisata yang perlu anda kunjungi adalah situs Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur.

Di tempat ini anda tidak hanya disuguhi tempat untuk berwisata namun anda akan diajak merasakan suasana jaman batu yang bisa menambah pengetahuan anda.

Situs Purbakala Pugung Raharjo atau sering disebut juga Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs arkeologi yang terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur.

Baca: Gimana Nggak Bikin Banjir, Sampah Selalu Menumpuk di Sungai Empang Gintung

Jarak situs ini dari Ibu kota Bandar Lampung sekitar 43 km dengan waktu tempuh normal sekitar 2 jam perjalanan. Jika anda dari Bandar Lampung atau dari arah tersebut bisa menggunakan transportasi bus atau travel tujuan Lampung Timur.

Rumah Informasi Anda yang ingin mengetahui informasi mendalam terkait taman dan isi-isinya bisa datang ke rumah ini.

Selain itu anda juga bisa melihat beberapa koleksi seperti guji, gerabah dan lainnya. Akan sangat disayangkan jika anda hanya sekedar berkunjung tanpa menelisik pengetahuan yang ada.

Baca: Kapan Selesai? Ruas Jalan Proyek Pembangunan Underpass Unila Selalu Macet

Benteng yang dibangun bukanlah dari beton atau batu-batuan. Benteng purbakala ini berupa 2 gundukan tanah yang berada disebelah barat dan timur lokasi ini. Untuk panjang bentengnya diperkirakan sekitar 300 m (barat) dan 1200 m (timur).

Peneliti sejarah mempredikisi bahwa benteng ini digubakan untuk berlindung terhadap binatang bus.

Punden Berundak Objek ini yang sering digunakan untuk berfoto oleh para pengunjung. Ada beberapa punden yang sampai saat ini masih tersisa.

Punden ini dulunya digunakan untuk ritual pemujaan. Bentuknya mengerucut menyerupai piramida sehingga terksan fotogenik untuk kalangan yang hobi berfoto. Salah satu yang menjadi ikon lokasi ini adalah punden berundak nya.

Taman ini juga memiliki beberapa sudut yang memang cantik sehingga menimbulkan kesan yang fotogenik. 

Anda juga bisa mengajak buah hati anda ke tempat ini untuk mengenalkan bagaimana kehidupan pada jaman purbakala dahulu.

Penulis: dennish prasetya
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved