Anggota DPRD Lampung yang Pindah Partai Dipastikan Tak Dapat Haknya

Sekretaris DPRD Lampung Kherlani: Anggota DPRD Lampung yang Pindah Partai Dipastikan Tak Dapat Haknya

Anggota DPRD Lampung yang Pindah Partai Dipastikan Tak Dapat Haknya
Tribun Pekanbaru
Pileg 2019 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Sekretariat DPRD Lampung memastikan, para anggota DPRD yang mencalonkan kembali dari partai berbeda, tidak akan mendapatkan hak-haknya sebagai anggota jika sudah masuk dalam daftar calon tetap (DCT) yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada September 2018 mendatang.

Hal tersebut ditegaskan Sekretaris DPRD Lampung Kherlani.

Menurut Kherlani, pihaknya tetap berpedoman pada edaran dari Kementerian Dalam Negeri bernomor 160/6324/OTDA tentang pemberhentian anggota DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota yang mencalonkan diri dari partai politik yang berbeda dari partai yang diwakili pada pemilu sebelumnya.

“Kami ikut dengan aturannya. Jadi setelah DCT, hak-haknya sudah tidak bisa diterima. Meski belum terjadi PAW (pergantian antar waktu), tetap tidak bisa diterima haknya,” kata Kherlani, Senin (13/8).

Di Lampung, tercatat ada tiga anggota DPRD periode 2014-2019 yang maju kembali melalui partai berbeda. Ketiganya yakni Yozi Rizal yang sebelumnya di Partai Hanura, namun nyaleg dari Partai Demokrat.

Kemudian, dua anggota DPRD Lampung dari PKB, Khaidir Bujung dan Midi Iswanto, yang sama-sama menjadi caleg Partai Demokrat.

Mantan Pj Bupati Pesisir Barat tersebut menjelaskan, sampai saat ini sekretariat dewan belum menerima surat pengunduran diri dari tiga anggota dewan yang kembali mencalonkan diri dari partai berbeda.

“Sebenarnya sudah ada surat yang masuk dari Hanura. Tetapi masih ada terjadi dobel kepengurusan.

Dari kepengurusan (Benny Uzer) yang sekarang mengajukan dan kepengurusan yang sebelumnya (Sri Widodo) juga mengajukan. Jadi masih ada pembahasan di partai sepertinya. Kalau dari PKB belum ada masuk,” tutur Kherlani.

Kherlani mengatakan, pada prinsipnya, sekretariat dewan hanya meneruskan berkas administrasi.

Halaman
12
Penulis: Noval Andriansyah
Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved