Ternyata Presiden Jokowi Sudah Dua Kali Beli Sapi Metal di Pringsewu

Menurut Benny, sapi dengan bobot 1,2 ton tergolong langka. Dari 100 kelahiran sapi, belum tentu ada yang beratnya mencapai ukuran tersebut.

Ternyata Presiden Jokowi Sudah Dua Kali Beli Sapi Metal di Pringsewu
Tribun Lampung/Noval Andriansyah
Inilah sapi kurban pemberian Presiden Joko Widodo seberat 1,2 ton. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Robertus Didik Budiawan

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, GADINGREJO - Sapi metal berbobot 1,2 ton yang disumbangkan Presiden Joko Widodo berasal dari peternakan di Pringsewu. Ternyata, sudah dua kali peternakan milik Benny Soekarno itu mendapat pesanan sapi dari Jokowi.

Benny menuturkan, pesanan pertama pada Iduladha 2017 lalu. Kala itu, Presiden juga membeli sapi metal seberat 1,2 ton dari peternakan yang berada di Pekon Tulung Agung, Kecamatan Gadingrejo tersebut.

Benny pun mengaku bangga bisa menjadi langganan Presiden. "Banggalah kita. Dengan begitu, terasa ada perhatian dari pusat. Kita jadi semangat berkarya," ujar Benny via telepon, Rabu, 22 Agustus 2018.

Menurut Benny, sapi dengan bobot 1,2 ton tergolong langka. Dari 100 kelahiran sapi, belum tentu ada yang beratnya mencapai ukuran tersebut.

Baca: Berasal dari Pringsewu, Sapi 1,2 Ton Pemberian Jokowi Seharga Rp 85 Juta

Benny menjelaskan, diperlukan perawatan khusus dan bakalan sapi yang baik untuk mendapatkan sapi berukuran ”raksasa”.

Pada Iduladha mendatang, Benny mengaku sudah menyiapkan sapi dengan ukuran setara. "Untuk tahun depan sudah kami siapkan di tahun ini," ujar pria yang berdomisili di Bandar Lampung ini.

Benny mengatakan, pembelian sapi oleh Jokowi bermula saat perwakilan Dinas Peternakan Provinsi Lampung hadir dalam kegiatan di Pringsewu pada 2017 lalu. Kebetulan mereka tengah mencari sapi terbesar untuk memenuhi pesanan Jokowi.

Baca: Di Balik Pemotongan Kurban, 2 Sapi Seruduk Pagar dan Motor

Mereka pun survei ke peternakan Benny di Pekon Tulung Agung. Sapi milik Benny pun dinyatakan memenuhi persyaratan.

Pada 2018 ini, Benny kembali mendapat kepercayaan dari Sekretariat Kepresidenan untuk pengadaan sapi kurban Jokowi di Lampung.

Selain Jokowi, kata Benny, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo juga memesan sapi kepadanya. Sapi pesanan gubernur didistribusikan ke berbagai daerah di Lampung, seperti Lampung Timur, Lampung Utara, dan lainnya. "Ada puluhan ekor," ujar Benny yang sudah 10 tahun berternak sapi. (*)

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved