Pengelola Zakat Harus Selalu Jaga Silaturahmi

Menurut dia, pengelolaan dana zakat lebih optimal jika dikelola lembaga zakat yang tepercaya.

Pengelola Zakat Harus Selalu Jaga Silaturahmi
Istimewa
Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Lampung menggelar Seminar Pengelolaan Zakat di Hotel Andalas, Bandar Lampung, Kamis, 30 Agustus 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Hanif Mustafa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Demi menyinergikan semua elemen demi pengelolaan zakat lebih optimal, lembaga amil zakat Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Lampung menggelar Seminar Pengelolaan Zakat di Hotel Andalas, Bandar Lampung, Kamis, 30 Agustus 2018.

Seminar ini diikuti para peserta yang berasal dari lembaga pengelola zakat, pengurus masjid, lembaga dakwah kampus, dan elemen lainnya.

Dosen UIN Raden Intan Lampung Nadirsyah Hawari yang menjadi pembicara mengatakan, zakat adalah kewajiban umat Muslim. Menurut dia, pengelolaan dana zakat lebih optimal jika dikelola lembaga zakat yang tepercaya. 

"Kepercayaan harus dijaga sehingga donasi umat bisa berlangsung kontinu dan berdampak signifikan," kata Nadirsyah melalui rilis yang diterima Tribun, Jumat, 31 Agustus 2018.

Baca: Ketentuan Pembayaran Zakat Mal dan Zakat Fitrah

Ketua Yayasan APIK Dian Eka Darma Wahyuni yang memberikan materi tentang fundraising mengatakan, bekerja di lembaga kemanusiaan kuncinya ada dua hal, yakni silaturahmi dan keberkahan.

"Maknanya, menjadi pengelola lembaga zakat harus menjaga silaturahmi dan terus berupaya meyakinkan calon donatur agar kontinu memberikan bantuan kemanusiaan," ungkapnya.

Manajer Misi IZI Pusat Muhammad Ardhani menuturkan, IZI mempunyai lebih dari 190-an mitra.

"Lembaga ini menghimpun dana zakat dari banyak mitra sehingga akumulasi dana zakat bisa maksimal dan pendistribusiannya lebih signifikan," sebut Ardhani.

Baca: Baznas Tanggamus Sebut Faktor Penyebab  Jumlah Zakat Tahun Ini Menurun 

Sementara Kepala Cabang IZI Lampung Agus Rin Wirawan berharap melalui seminar ini, semua peserta bisa menjadi mitra IZI agar sinergi bisa dilakukan.

"Kami ingin menjalin kemitraan dengan banyak person dan lembaga. Insya Allah ke depan kami akan makin optimal dalam perolehan dana zakat dan makin optimal juga dalam pendistribusian. Sehingga, aspek kemanfaatan dana zakat ini makin dirasakan oleh para penerimanya," tandasnya. (*)

Penulis: hanif mustafa
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved