CPNS 2018

Penerimaan CPNS 2018, Perlu Diingat Peserta Hanya Bisa Daftar pada 1 Instansi dengan 1 Formasi Saja

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan digelar mulai pekan depan, Rabu 19 September 2018.

Penerimaan CPNS 2018, Perlu Diingat Peserta Hanya Bisa Daftar pada 1 Instansi dengan 1 Formasi Saja
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID
Rekrutmen CPNS 2018. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan digelar mulai pekan depan, Rabu 19 September 2018. 

Dilansir TribunWow.com dari website resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id, Kamis 13 September 2018, CPNS 2018 ini dibuka untuk 238.015 formasi. 

Baca: Inilah Daftar Lengkap Kuota dan Formasi Penerimaan CPNS 2018 di Lampung

Adapun rincian formasinya adalah sebanyak 51.271 formasi di instansi pusat dan sisanya sebanyak 186.744 formasi ada di instansi daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, melalui Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2018 tertanggal 27 Agustus 2018 menyebutkan, prioritas penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahun 2018 adalah untuk bidang pedidikan, bidang kesehatan, bidang infrastruktur, jabatan fungsional, dan jabatan teknis lain.

Di dalam Peraturan Menteri PANRB itu ditetapkan beberapa ketentuan dalam pengadaan CPNS tahun 2018, di antaranya adalah:

  1. Calon pelamar merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat yang sudah terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan/atau Kementerian Agama (Kemenag), dan lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan program studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan terdaftar di Forlap Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) saat kelulusan;
  2. Instansi dapat menetapkan persyaratan tambahan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing jabatan, kecuali persyaratan akreditasi perguruan tinggi sebagaimana dimaksud.
  3. Pendaftaran peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dilakukan serentak secara daring/online oleh Panitia Seleksi Nasional yang secara teknis dikoordinasikan oleh Badan Kepegawaian Negara melalui portal pendaftaran daring/online (sscn.bkn.go.id).

“Calon pelamar hanya dapat mendaftar pada 1 (satu) Instansi Pemerintah dan 1 (satu) formasi jabatan,” bunyi tegas Peraturan Menteri PANRB ini.

Selain itu, Peraturan Menteri PANRB ini juga menegaskan, pelamar dapat mengikut seleksi apabila dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh Panitia Pelaksana Seleksi CPNS Instansi sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Baca: Separuh Kuota CPNS 2018 di Lampung Didominasi Guru

Adapun materi Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS meliputi:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

2. Tes Inteligensia Umum (TIU)

Halaman
1234
Editor: teguh_prasetyo
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved