Tribun Lampung Barat

Bimtek SIPPT dan SP4N Lambar Di Gelar

Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) merupakan hal yang wajib dalam pelaksanaan pemerintah yang efektif dan efisien

Bimtek SIPPT dan SP4N Lambar Di Gelar
Istimewa
Lampung barat 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID LAMPUNG BARAT -  Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Melalui Bagian Organisasi Setdakab Lambar Menggelar Pelaksanaan Bimtek Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPPT) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 Di Ruang Rapat Kagungan Pemkab Lambar, Jum'at(14/09/2018).

Acara tersebut dibuka resmi oleh Setdakab Lambar Akmal Abdul Nasir,S.H., dan Dihadiri Narasumber kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, dan Peserta Bimtek.

Dalam Sambutan Setdakab Lambar Akmal Abdul Nasir S.H.,Mengucapkan Selamat Datang kepada para peserta kegiatan yang telah menyempatkan hadir untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan bimtek sistem informasi pelayanan publik (SIPP) dan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N).

Selanjutnya salah satu komitmen pemerintah kabupaten lampung barat mewujudkan good government merupakan salah satu tekad yang memerlukan kerja keras dan akselerasi yang cepat dari pimpinan daerah. salah satu media untuk mendukung hal tersebut adalah penerapan e-government dalam pengelolaan pemerintah disegala sektor.

"Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) merupakan hal yang wajib dalam pelaksanaan pemerintah yang efektif dan efisien. mempersingkat alur birokrasi yang selama ini dianggap menjadi suatu penghambat bagi percepatan pelayanan dan menghilangkan kesenjangan antara pemerintah dan masyarakat dalam hal keterlibatan dalam pembangunan serta meningkatkan fungsi kontrol masyarakat terhadap pemerintah adalah hal yang harus segera diwujudkan.

Selain itu ketersediaan data yang up to date juga merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sehingga mengurangi program-program yang tidak tetap sasaran yng hanya menyebabkan pemborosan anggaran. untuk itu pemerintah kabupaten lampung barat telah membentuk suatu wadah informasi bagi masyarakat dalam bentuk web-site, situs resmi pemerintah ini akan menjadi gerbang (gateway) terhadap internasional networking sekaligus sebagai induk informasi segala aktifitas kelembagaan yang akan diintegrasikan keseluruh organisasi perangkat daerah (OPD)) dilingkungan pemkab. lampung barat",ungkapnya.

Kemudian untuk membuka gerbang seluas-luasnya terhadap aspirasi masyarakat, pemerintah kabupaten lampung barat membuka layanan aspirasi berbasis hot line dimana masyarakat secara langsung dapat menyalurkan saran/usul maupun keluhan yang langsung dapat direspon pemerintah kabupaten lampung barat melalui instansi terkait maupun oleh bupati secara langsung. layanan layanan sms center ini dapat dengan mudah dilihat langsung oleh masyarakat karena dapat diakses melalui internet. Diisamping membuka akses yang seluas-luasnya, pemerintah kabupaten lampung barat juga menerapkan sistem elektronik ini dalam hal monitoring evaluasi dan sistem pelaporan lingkup pemerintah kabupaten lampung barat. segala bentuk laporan kegiatan dapat dilakukan secara digital sehingga pelaksanaan tupoksi masing-masing opd dapat terpantau secara cepat",tutupnya.

Sementara itu dalam laporan ketua panitia pelaksana Pirwan,S.E.,.M.M Menyampaikan Dasar Hukum dari kegiatan tersebut adalah Peraturan pemerintah nomor 76 tahun 2013 tentang pengelolalaan pengaduan pelayanan publik nasional. Peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 13 tahun 2017 tentang pedoman sistem informasi pelayanan publik. Surat edaran menteri pendayagunaan aparatur negara nomor 4 tahun 2016 tentang pengintegrasian pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara nasional bagi pemerintah daerah ke dalam aplikasi lapor SP4N. Surat keputusan Bupati Lambar nomor B/84/KPTS/07/2018 tentang panitia, narasumber,moderator, dan peserta pelatihan sistem informasi pelayanan publik dan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional tahun anggaran 2018.

Selanjutnya Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah agar penyelenggara dapat mengelola pengaduan secara sederhana,cepat, tepat, tuntas, terkoordinasi. Agar penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat. Meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kemudian kegiatan bimtek pelaksanaan sistem informasi pelayanan publik (SIPP) dan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N) dilaksanakan tanggal 14 September 2014 dan peserta sebanyak 45 orang.(KM)

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved