Tahun Depan Calhaj Indonesia Bisa Pakai Kuota Taiwan, Simak Caranya

Kabar gembiranya, tak lama lagi warga Indonesia yang ingin menunaikan ibadah Haji dapat menggunakan kuota haji milik Taiwan.

Tahun Depan Calhaj Indonesia Bisa Pakai Kuota Taiwan, Simak Caranya
AP
Jemaah haji mengeliling Kakbah di Mekkah, Arab Saudi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Ibadah Haji adalah hal yang amat didambakan umat Muslim, namun seringkali perjuangan menuju kesana tidaklah mudah.

Misalnya saja masa penantian yang lama karena banyaknya umat Islam di Indonesia.

Kabar gembiranya, tak lama lagi warga Indonesia yang ingin menunaikan ibadah Haji dapat menggunakan kuota haji milik Taiwan.

Baca: Usai Ibadah Haji, Turun Pesawat Jamaah Haji Asal Mamuju Tampil Glamour ala Mau Kondangan

Hal ini diungkapkan oleh Jack Chen-Huan Hsiao selaku Direktur Divisi Ekonomi Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta, dalam pembukaan event MEET Taiwan Networking Event di Hotel Borobudur Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan, sejatinya Taiwan juga memiliki populasi masyarakat yang beragama Islam namun tak sebanyak di Indonesia.

Baca: Dijamin Bikin Kapok, di Negara Ini Parkir Sembarangan Didenda Hingga Rp 7 Juta

“Di Indonesia, mungkin butuh waktu 2-3 tahun untuk berangkat. Sementara di Taiwan, kami juga memiliki banyak populasi muslim tapi kami tidak memiliki kebutuhan mendesak terhadap hal tersebut, jadi muslim Indonesia bisa menggunakan kuota kami untuk mendaftar Haji melalui Taiwan,” paparnya.

Hal ini juga merupakan upaya Taiwan dalam menyediakan lingkungan yang ramah bagi umat, serta meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Taiwan.

Saat ini Taiwan memiliki sekitar 100 restoran bersertifikasi halal dengan badan yang mengeluarkan kebijakan tersebut dan tempat makan tersebut juga menempelkan tanda "Tidak mengandung babi" dan Non Alkohol sehingga memudahkan wisatawan muslim yang sedang berkunjung.

"Jadi nanti wisatawan bisa stay dulu satu sampai dua malam di Taiwan untuk mengurus dokumen akhir dan persiapan sebelum berangkat ke sana. Di sela itu bisa berwisata dahulu di Taiwan", tuturnya.

Jack menambahkan, banyak maskapai tujuan Timur Tengah yang transit di Taiwan lebih dulu, utamanya untuk ibadah haji.

Halaman
12
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved