SBY Puji Langkah Cepat Jokowi Tangani Gempa dan Tsunami Palu

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji langkah cepat Presiden Joko Widodo dalam merespons gempa Sulteng.

SBY Puji Langkah Cepat Jokowi Tangani Gempa dan Tsunami Palu
Foto udara kerusakan di Perumnas Balaroa akibat gempa bumi yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia.(KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA -Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji langkah cepat Presiden Joko Widodo dalam merespons gempa bermagnitudo 7,4 di Sulawesi Tengah.

Menurut SBY, langkah Jokowi yang langsung mengunjungi lokasi gempa sudah tepat.

"Meskipun tidak sebesar dan sedahsyat gempa bumi di Aceh dan Nias (2004) dulu, kali ini gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulteng juga besar. Korbannya kita saksikan besar," ujar SBY dalam video yang diunggah ke akun YouTube-nya, Minggu (30/9/2018).

"Oleh karena itu, tindakan cepat presiden Jokowi untuk berkunjung ke daerah bencana saya nilai tepat," tambah SBY.

Baca: Kisah Viki Atlet Paralayang Bertahan di Reruntuhan Hotel Roa Roa Saat Gempa Palu

Baca: Alibi Konyol Para Pengeroyok Suporter Persija Hingga Tewas, Polisi Sampai Bilang Begini

Presiden ke 6 RI itu menilai, langkah Jokowi yang cepat mengunjungi lokasi gempa sangat memengaruhi kebijakan yang akan diambil pemerintah untuk penanganan bencana.

"Dengan datang langsung ke daerah bencana, beliau akan bisa melihat situasi, mengambil keputusan dan kemudian nanti operasi tanggap darurat akan berjalan dengan cepat tapi juga efektif," sebut SBY.

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018) kemarin. Presiden tiba pukul 13.00 WITA.

Sementara Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi mengatakan, setibanya di Palu, Presiden menerima laporan dari kementerian terkait, termasuk Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah.

Sehari sebelumnya, Sabtu (29/9/2018), Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah berada di Palu.

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (27/10/2017). SBY menemui Jokowi secara mendadak untuk membicarakan situasi terkini bangsa, khususnya terkait Perppu Ormas yang baru saja disahkan menjadi UU.
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (27/10/2017). SBY menemui Jokowi secara mendadak untuk membicarakan situasi terkini bangsa, khususnya terkait Perppu Ormas yang baru saja disahkan menjadi UU. (TRIBUNNEWS/BIRO PERS/LAILY RACHEV)

"Presiden pimpin rapat terbatas diikuti jajaran menteri, termasuk Menteri PUPR dan BNPB. Presiden meminta penanganan pertama adalah evakuasi evakuasi korban," kata Johan seperti dikutip dari wawancara langsung yang ditayangkan Kompas TV, Minggu.

Baca: Penyebab Perseteruan Inul Darasista dengan Rhoma Irama Memanas Kembali

Baca: Senjata Dirampas, Ini Detik-detik Pengeroyokan Oknum Polisi Bripda RK Oleh Puluhan Orang

Gempa berkekuatan 7,4 yang diikuti tsunami terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat lalu.

Sementara hingga Minggu siang jumlah korban tewas dalam bencana itu tercatat 832 orang.

Masa tanggap darurat telah ditetapkan selama 14 hari, sejak 28 September 2018 hingga 11 Oktober 2018. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: sby-puji-langkah-cepat-presiden-jokowi-kunjungi-palu.

Editor: Safruddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved