OJK Akan Terbitkan Aturan tentang Vintech

Maksudnya, jika 20 hari belum selesai akan diperpanjang lagi selama 20 hari dengan syarat harus diberitahukan dahulu kepada konsumen.

OJK Akan Terbitkan Aturan tentang Vintech
Tribun Lampung/Jelita Dini Kinanti
OJK menggelar Sosialisasi Mendukung Pertumbuhan Kesejahteraan Melalui Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Serta Layanan Pengaduan Konsumen di Hotel Novotel Bandar Lampung, Selasa, 2 Oktober 2018. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menerbitkan Peraturan Nomor 18/POJK.07/2018 tentang Layanan Pengaduan Konsumen Sektor Jasa Keuangan pada 10 Maret 2019. 

Deputi Direktur Pengembangan Kebijakan Perlindungan Konsumen OJK Rela Ginting mengatakan, peraturan itu akan memperkuat peraturan yang sudah ada.

Di antaranya, mengatur tentang vintech, proses pengaduan lisan selama 5 hari dan tertulis 20+20 hari.

Maksudnya, jika 20 hari belum selesai akan diperpanjang lagi selama 20 hari dengan syarat harus diberitahukan dahulu kepada konsumen.

Baca: Akademisi UBL Jadi Saksi Ahli OJK

Baca: OJK Cabut Izin AXA Life Indonesia, Bagaimana Nasib Nasabahnya

"Dari peraturan ini kami berharap harus bisa menerima dan memahami pengaduan konsumen dengan baik. Selain itu dalam menerima pengaduan harus diatur. Misal setelah diterima dicatat, dikonfirmasi, diverifikasi, dan ditangani secara independen dan objektif oleh orang yang berkompeten," kata Rela dalam Sosialisasi Mendukung Pertumbuhan Kesejahteraan Melalui Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Serta Layanan Pengaduan Konsumen di Hotel Novotel Bandar Lampung, Selasa, 2 Oktober 2018.

Proses penyelesaian pengaduan itu harus disampaikan. Jangan diam-diam saja.

Penyelesaian itu biasanya ada dua kemungkinan, yang diadukan hanya memberikan penjelasan karena tidak merasa bersalah atau menawarkan penyelesaian seperti dengan ganti rugi karena merasa bersalah. (*)

---> Jangan lupa subscribe Channel YouTube Tribun Lampung News Video

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved