Tribun Bandar Lampung

Ternyata untuk Dapat Obat Kuat di Lampung Cukup Beli Online, tapi Apakah Aman Dikonsumsi?

Besarnya jumlah pengguna media sosial seperti Facebook (Fb) dan Instagram, jadi peluang besar bagi pelaku usaha untuk menjual produk dagangannya.

Ternyata untuk Dapat Obat Kuat di Lampung Cukup Beli Online, tapi Apakah Aman Dikonsumsi?
Thinkstockphotos
Ilustrasi obat. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Sholichin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Besarnya jumlah pengguna media sosial (medsos) seperti Facebook (Fb) dan Instagram saat ini, menjadi peluang besar bagi pelaku usaha untuk menjual produk dagangannya.

Puluhan produk berupa obat-obatan dan kosmetik dapat dengan mudah ditemui dan terjual bebas di medsos sehingga siapapun dapat membelinya termasuk di wilayah Lampung.

Baca: BERITA FOTO - BBPOM Soroti Penayangan Iklan Obat di Media

Jenis obat tersebut mulai obat-obatan herbal, obat jamu kuat, obat pemuas nafsu (perangsang), produk kosmetik kecantikan, dan lainnya.

Namun yang menjadi kekhawatiran adalah apakah dapat dipastikan produk-produk yang terjual bebas tersebut benar terjamin dari segi keamanannya.

Sebab, pada prinsipnya produk-produk tersebut agar terjamin keamanannya haruslah memiliki izin edar dari BPOM.

Tribunlampung akhirnya coba menggali lebih dalam dengan mensearching melalui akun medsos seperti Fb dan Instagram.

Ketika mengetikan kata kunci di kolom pencarian seperti "Jual Obat Lampung" muncul beberapa akun yang menjualbelikan obat-obatan seperti jualperangsanglampung, obatkuat_lampung, jualliquidsexlampung, dan masih banyak lagi.

Baca: BPOM Sita Jamu Tanpa Izin Edar Senilai Rp 15,7 Miliar yang Dijual Online

Berdasarkan pantauan di beberapa akun yang menawarkan obat-obat tersebut beberapa mencantumkan profil obat, harga obat, dan nomor handphone pemesanan. 

Kalau dari kemasan memang tampak seperti obat-obatan yang dijual di apotik-apotik seperti ada kardus/kota pembungkusnya.

Namun memang agak sulit untuk menemukan label izin dari BPOM ataupun instansi terkait seperti Diskes, dan MUI (label halal).

"Bandar Lampung kalau mau pesan kirim paket. Dari Bandung biasanya 2-3 hari dengan harga Rp 300 ribu sudah termasuk ongkos kirim (ongkir)," terang penjual di akun jualliquidsexlampung yang sempat dihubungi, Rabu 3 Oktober 2018.

Cara transaksinya cukup mudah, sambungnya, pembeli tinggal transfer terlebih dahulu sesudah itu mengkonfirmasi alamat lengkap. "Ya bisa tahan hingga satu jam lamanya bagi yang meminumnya," jelasnya.

Baca: Hati-hati, Ini Sejumlah Merek Kosmetik Terkenal yang Disita BPOM RI Karena Diduga Dipalsukan

Sementara penjual lainnya dengan produk Obat Perangsang Bluewizard, menyatakan, cara pemesanannya yaitu dikirim melalui paket dan pembayaran lewat transfer.

"Jadi transfer dulu abis itu konfirmasi alamat lengkap. Biasanya dua sampai tiga hari barang sampai diterima pemesan," paparnya.

Satu produk Bluewizard dibandrol dengan harga Rp 250 ribu sudah termasuk ongkir.

"Barang dipastikan aman karena bahannya dari herbal. Ya kalau izin dari instansi terkait belum ada, tapi aman pak," tegasnya. (*)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: teguh_prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved