Berita Video Tribun Lampung

VIDEO - Tips Atasi Komedo Bersama dokter Evi Meilisa

Untuk itu sebaiknya diketahui bagaimana komedo muncul agar bisa melakukan langkah pencegahan.

Laporan Live Streaming Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Komedo muncul pada wajah bisa mengganggu penampilan. Untuk itu sebaiknya diketahui bagaimana komedo muncul agar bisa melakukan langkah pencegahan.

dr. Evi Meilisa dari Sumia Aesthetic Clinic mengatakan, kemunculan komedo bisa dipicu oleh paparan sinar matahari dan polusi udara, serta bakteri dari tangan yang berpindah ke wajah. Pemicu lain kebiasaan tidak mengganti sprei tempat tidur. Padahal sprei bisa dengan mudah ditempeli bakteri dan kotoran yang berasal dari udara maupun dari tubuh kita sendiri.

Baca: Awas, Kebiasaan Malas Ganti Sprei Bisa Sebabkan Komedo

"Komedo sebenarnya bukan masalah. Hanya saja jika dibiarkan terlalu lama komedo bisa mengganggu penampilan. Selain itu jika komedo tidak diatasi dengan perawatan kulit yang baik,  lama kelamaan komedo akan teriritasi dan akhirnya timbul jerawat," kata dokter berhijab itu.

Baca: Berantas Komedo dengan 5 Bahan yang Ada di Dapur, Yuk Dicoba Malam Ini

Kalau sudah timbul jerawat, lanjut dr. Evi permasalahan lain pasti akan muncul, yakni terjadinya iritasi jerawat akibat kebiasaan memencet jerawat dengan tangan. Iritasi muncul karena pada saat dipencet produksi sebum akan meningkat. Apalagi jika ditambah adanya kuman  dan bakteri yang berpindah dari tangan ke jerawat

Untuk mencegah terjadinya komeodo dr. Evi memiliki saran, pertama ketahui faktor penyebab komedo, apakah hormonal, make up yang mengandung komedogenik, membersihkan wajah dengan tidak benar setelah menggunakan make up dan lain lain.

Kedua, cuci muka minimal 2-3 kali sehari, jangan berlebihan karena akan membuat kulit menjadi kering. Ketiga, pola makan harus diatur. Kemudian Keempat, saat beraktivitas diluar rumah harus gunakan tabir surya terutma yang memiliki aktivitas tinggi. (*)

Sumber: Facebook Tribun Lampung

Videografer: Okta Kusuma Jatha

Penulis: Okta Kusuma Jatha
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved