Public Service

Gali Potensi dan Bakat Anak

Bagaimana cara orangtua menggali potensi anak agar bisa diketahui kemana arah bakatnya. Terima kasih atas penjelasannya.

Gali Potensi dan Bakat Anak
kompas.com
ayah dan anak

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - KEPADA Yth Psikolog. Bagaimana cara orangtua menggali potensi anak agar bisa diketahui kemana arah bakatnya. Terima kasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6285769326xxx

Observasi Saat Anak Bermain

SETIAP anak biasanya memiliki bakat tertentu. Apabila diasah dengan baik, bakat tersebut dapat tumbuh gemilang, bahkan bisa memengaruhi keberhasilan masa depan anak.

Baca: Dongeng Bisa Kembangkan Potensi Anak

Langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh orangtua dalam menggali potensi anak, yaitu cobalah observasi saat anak bermain. Misalnya anak suka menggambar secara berulang atau bermain musik dengan tekun.

Kalau perbuatan itu dilakukan secara berulang, biasanya anak memang menyukainya. Coba ajaklah anak untuk ngobrol tentang cita-citanya.

Baca: Begini Cara Mengenali Potensi Anak

Coba tanyakan kepada guru atau teman tentang kesukaan anak di sekolah, misalnya menulis, mengarang, atau menggambar. Lalu, ikutkan anak dalam perlombaan, apakah dia memiliki ketertarikan dan cukup menonjol dalam bidang tersebut.

Orangtua juga bisa mendatangi psikolog untuk dapat mengetahui bakat yang ada pada anak. Namun, perlu diketahui bahwa ketekunan sangat diperlukan sehingga bakat anak mampu berkembang dengan baik.

RETNO RIANI
Psikolog

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved