Tribun Lampung Utara

Rutan-Lapas Kotabumi Musnahkan 1.000 HP dan Sajam

1.000 unit handphone, serta senjata tajam, hasil razia dari Rutan Kelas II B dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Kelas II A dimusnahkan.

Rutan-Lapas Kotabumi Musnahkan 1.000 HP dan Sajam
Tribunlampung/Anung
Rutan-Lapas Kotabumi Musnahkan 1.000 HP dan Sajam 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - 1.000 unit handphone, serta senjata tajam, hasil razia dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Kelas II A, Lampung Utara (Lampura), dimusnahkan, Selasa (30/10/2018).

Benda tersebut merupakan sitaan dari pengunjung, razia yang dilakukan petugas baik Lapas maupun Rutan sejak bulan Januari hingga Oktober 2018.

Pemusnahan itu dilakukan dalam rangka peringatan Hari Dharma Karyadhika tahun 2018, yang dipusatkan di Aula Rutan Kotabumi.

Baca: Lagi, Warga Lampung Utara Diduga Jadi Korban Lion Air Jatuh, Keluarga Lakukan Tes DNA

Kepala Rutan, Daniel Arif bersama Kepala Lapas, Tetra Destori mengatakan jika handphone yang dimusnahkan tersebut terdiri dari 560 unit berasal dari Lapas, dan 450 unit berasal dari Rutan.

Menurutnya, masuknya barang-barang itu dari para pemebesuk di Rutan maupun di Lapas. Selain itu, dikarenakan keterbatasan anggota.

Baca: Inilah Percakapan Terakhir Pramugari Lion Air JT 610 dengan Kekasihnya, 2 Jam Sebelum Berangkat!

Meski demikian, pihaknya terus berupaya melakukan razia rutin yang bersifat insidentil, guna meminimaliskir masuknya barang-barang tersebut.

"Barang-barang itu ditemukan dari dalam sel, tapi paling banyak dari para pengunjung,"katanya.

Sebelum dilakukan pemusnahan, jajajaran Kemenkumham yang terdiri dari Rutan, Lapas, Imigrasi, dan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rubasan) Lampung Utara, menggelar upacara peringatan Hari Dharma Karyadhika tahun 2018. (Ang)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved