Polisi Incar Pengendara Main Ponsel, Catat Operasi Zebra Berlangsung 14 Hari

Polisi Incar Pengendara Main Ponsel, Ingat Operasi Zebra Berlangsung 14 Hari. Catat tujuh prioritas yang disasar.

Polisi Incar Pengendara Main Ponsel, Catat Operasi Zebra Berlangsung 14 Hari
Tribun Lampung/Robertus Didik Budiawan
Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Pesawaran memeriksa kelengkapan surat kendaraan dalam rangka Operasi Zebra Krakatau 2018 di Jalan Lintas Barat, Selasa, 30 Oktober 2018 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Operasi Zebra 2018 berlangsung di berbagai wilayah di Lampung selama 14 hari ke depan, mulai Selasa (30/10).

Satu dari tujuh jenis pelanggaran yang menjadi sasaran operasi adalah pengemudi yang berkendara sambil menggunakan ponsel.

Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Purwadi Arianto mengungkapkan, selama ini banyak pengemudi yang berkendara sambil bermain atau menggunakan ponsel.

Ia mencontohkan para pengemudi ojek online yang kerap mengutak-atik ponsel di tengah perjalanan.

Baca: Pulang dari Luar Negeri, Wanita Ini Tak Kumpul Sama Suami Malah Kost dengan Pria Lain

"Kami mengimbau para pengojek online berhenti dulu jika menerima telepon. Kami minta minggir (menepi) dulu, baru menjawab telepon.

Dan ingat, nyalakan lampu sein saat minggir supaya pengendara lain bisa memperhatikan," pesan Purwadi saat gelar pasukan Operasi Zebra 2018 di kantor Polresta Bandar Lampung, Selasa (30/10).

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bandar Lampung Komisaris Syouzarnanda Mega memastikan personelnya akan menindak tegas pengendara motor maupun pengemudi mobil yang kedapatan menggunakan ponsel saat berkendara.

Termasuk, pengojek online maupun pengemudi taksi online.

"Kami yakin mereka (pengojek online) sebenarnya sudah tahu bahwa dalam berkendara tidak boleh pakai alat komunikasi. Bisa berhenti dulu (jika hendak menggunakan alat komunikasi), jadi tidak melanggar," ujar Nanda, sapaan akrabnya.

Jika kedapatan berkendara sambil menggunakan ponsel hingga menyebabkan konsentrasi terganggu, jelas Nanda, maka pengendara akan terjerat pasal 106 ayat 1 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Baca: Dokter PNS Pasok Joki Tes CPNS 2018, Pintar-pintar dengan Tarif Rp 150 Juta

Operasi Zebra di Lamsel
Operasi Zebra di Lamsel (Tribun Lampung/Dedi Sutomo)
Halaman
123
Editor: Safruddin
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved