Tribun Lampung Selatan

Dispenda Lamsel Siap Gunakan Tapping Box

Dinas Pendapatan Daerah Lampung Selatan berencana akan mulai menerapkan penggunaan tapping box.

Dispenda Lamsel Siap Gunakan Tapping Box
Jabar Ekspres
Ilustrasi - Tapping Box 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMSEL – Guna lebih mengoptimalkan pendapatan daerah dari sisi panjak, Dinas Pendapatan Daerah Lampung Selatan berencana akan mulai menerapkan penggunaan tapping box.

Alat yang akan bisa mendata/merekam data transaksi ini nantinya akan dipasang pada restoran dan hotel-hotel yang ada di wilayah Lampung Selatan. Penerapan tapping box ini bekerjasama dengan PT Bank Lampung.

Plt Kepala Dispenda Lampung Selatan, Badruzzaman mengatakan rencananya akan ada sekitar 100 unit tapping box yang akan pasang. Namun pada tahap awal ini baru akan ada 10-15 tapping box.

Baca: BREAKING NEWS - Polresta Bandar Lampung Gagalkan Pengiriman 2 Kg Sabu Senilai Rp 2 Miliar

“Kita masih akan melakukan rapat bersama dengan PT. Bank Lampung terkait dengan rencana pemasangan tapping box tersebut. Karena secara teknis mereka yang memahami, sebab alatnya nanti dari pihak PT. Bank Lampung,” kata dia kepada tribun, Rabu (21/11).

Lebih lanjut dirinya mengatakan pihaknya juga akan memanggil pihak pengusaha (pihak restoran dan hotel). Karena nantinya akan ada alat yang diletakan ditempat usaha.

Dan tentunya alat tersebut perlu dijaga dan diaktifkan oleh pihak pengusaha nantinya.

“Kita juga akan menyiapkan aturan perda khusus terkait dengan penggunaan tapping ini,” terang Badruzzaman.

Baca: Berkali-kali Ditelepon Tak Diangkat, Pegawai KPPP Kotabumi Ditemukan Tewas di Rumah Dinas

Menurut dirinya, meski memang pola penghitungan pajak restoran dan juga hotel menggunakan sistem self assesment (penghitungan sendiri). Pemasangan tapping box ini untuk memastikan jumlah transaksi yang dilaporkan sesuai.

“Pemakaian tapping box ini juga menjadi salah satu rekomendasi dari KPK dalam rangka optimalisasi PAD (pendapatan asli daerah,” ujar Badruzzaman.(dedi/ tribunlampung)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved