Kenali Fungsi Serum dan Jenisnya Agar Rambut Tetap Sehat

Merawat keindahan rambut dan kesehatan kulit kepala tidak hanya dengan keramas menggunakan shampo saja. Bisa ditambah dengan penggunaan serum rambut.

Kenali Fungsi Serum dan Jenisnya Agar Rambut Tetap Sehat
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID,BANDARLAMPUNG - Merawat keindahan rambut dan kesehatan kulit kepala tidak hanya dengan keramas menggunakan shampo saja. Namun bisa ditambah dengan penggunaan serum rambut. Tujuannya untuk menjaga nutrisi rambut tercukupi dengan baik.

Hairstylist Bandar Lampung Bhastian Hendra mengatakan, ibarat tanaman, rambut juga butuh dipupuk. Seperti orang yang butuh vitamin dan mengonsumsinya tanpa menunggu sakit dahulu.

"Nah pupuk dan vitaminnya itu dengan penambahan serum rambut usai keramas. Pengaplikasiannya juga cukup mudah, hanya menyemprot atau meneteskan serum rambut ke batang rambut dan kulit kepala. Kemudian memijat-mijatnya agar meresap sampai akar rambut," beber owner Intan Salon ini.

Serum ini berfungsi untuk menjaga kondisi rambut normal agar tetap dalam kondisi baik. Atau menutrisi dan memperbaiki kondisi batang rambut dan kulit kepala yang mengalami masalah. Pemakaiannya usai keramas tanpa menunggu rambut kering terlebih dahulu.

Tips Make Up untuk Natal ala MUA Lampung Ina Yustina

Mengenai serum rambut ini, terusnya, memiliki beragam jenis. Ada yang untuk rambut normal, berketombe, bahkan rambut bercabang atau pecah-pecah.

"Sehingga perlu dilakukan diagnosa terlebih dahulu mengenai apa kekurangannya. Misal rambutnya terlalu kering atau justru berminyak. Pertumbuhan rambutnya lebat, normal, atau jarang-jarang," ungkap Bhastian.

Setelah mengetahui kondisi rambut dan kulit kepala, baru bisa menentukan serum yang akan dipergunakan. "Kalau bermasalah misal mengalami kerontokan, ya kita beri serum rontok pada kulit kepalanya. Begitupun kalau masalahnya rambut mengalami pecah-pecah. Kita beri serum yang sesuai," kata dia.

Namun yang perlu diperhatikan saat pengaplikasian serum rambut, terus dia, tidak perlu dilakukan pemijatan karena justru akan meningkatkan resiko kerontokan pada rambut. "Setelah dioles serumnya, diamkan dan biarkan sampai nanti mencuci rambut. Jadi serum bisa meresap sempurna pada kulit kepala," ujarnya.(*)

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved