Subhanallah! Meski Sudah Dibelah Tiga Bagian, Masjid Eyyubi Turki Tak Alami Rusak Sedikit Pun!

Sebuah masjid yang dibangun abad ke-15 di Turki telah dipecah menjadi tiga bagian.

Subhanallah! Meski Sudah Dibelah Tiga Bagian, Masjid Eyyubi Turki Tak Alami Rusak Sedikit Pun!
getty images/dailymail
Masjid Eyyubi Turki berusia 610 tahun terletak di kawasan kota tua Hasankeyf di Provinsi Batman, Turki, dipecah menjadi beberapa bagian. Masjid Eyyubi Turki ini kemudian dipindahkan ke Taman Budaya Hasankeyf yang terletak dataran yang lebih tinggi sehingga aman dari genangan air. Masjid ini dipindahkan menggunakan robot dengan pengawasan ketat sehingga struktur bangunan tidak rusak. 

Masjid Eyyubi Turki, bangunan suci berusia 600 tahun, dibawa dengan robot transporter ke lokasi baru berjarak satu mil jauhnya. Di lokasi  bekas masjid itu dijadikan bendungan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Sebuah masjid yang dibangun abad ke-15 di Turki telah dipecah menjadi tiga bagian.

Bagian-bagian masjid kuno di Turki itu, tepatnya Masjid Eyyubi Turki, kemudian diangkut dengan robot yang didorong secara otomatis ke tempat barunya.

Masih Berusia 15 Tahun, Bocah Turki Bikin Sejarah di MotoGP Valencia

Kompleks Masjid Eyyubi Turki itu kemudian akan dijadikan bendungan raksara ketiga di Turki.

Setelah itu, bangunan fisik yang telah dipotong menjadi tiga bagian itu diangkut menggunakan alat transportasi khusus untuk dipindahkan.

Bagian terakhir 2.500 ton Masjid Eyyubi Turki itu diambil dari kota kuno Hasankeyf di provinsi Batman Turki hari ini, setelah dua bagian lainnya dipindahkan awal tahun 2018.

Tindakan itu dilakukan saat bendungan terbesar keempat Turki, Ilısu, diperkirakan akan merendam kota kuno Hasankeyf, demikian laporan Hurriyet Daily News.

Gambar menunjukkan bagian terakhir dari masjid yang diangkut dalam perjalanan satu mil jauhnya oleh robot menggunakan lebih dari 300 roda.

Masjid 4.600 ton telah dipindahkan ke Lapangan Taman Budaya Baru Hasankeyf, sebuah situs khusus yang dirancang untuk bangunan yang dilindungi.

Para ahli berusaha semaksimal mungkin untuk membelah kompleks bangunan Masjid Eyyubi Turki menjadi tiga dan tidak rusak. 

Sering Kritik Pedas Putra Mahkota, Wartawan Tewas Diduga Dibunuh di Konsulat Arab Saudi di Turki

Halaman
12
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved