Perwira Polisi Pakai Narkoba, Tunjukkan Perilaku Aneh Saat Diperiksa Propam

Perwira Polisi Pakai Narkoba, Tunjukkan Perilaku Aneh Saat Diperiksa Propam

Editor: taryono
(KOMPAS.com/AJI YK PUTRA)
Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Zulkarnain Adinegara mengatakan, dari hasil pemeriksaan laboratorium forensik, urine mantan Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setyawan dinyatakan positif mengandung narkoba jenis sabu dan ekstasi.

"Sudah dinyatakan positif menggunakan sabu dan ekstasi. Itu terlihat dari hasil tes urine Kapolres Empat Lawang," kata Zulkarnain, Rabu (16/1/2019).

Zulkarnain menjelaskan, tak ada pandang bulu dalam instansi kepolisian untuk memberantas narkoba walaupun hal itu melibatkan kepala satuan wilayah.

Tindakan Para Mahasiswa yang Bikin Soeharto Malu dan Marah Besar

"Ini pertanda, bagi anggota seluruhnya, bukan hanya perwira, semuanya juga jika ketahuan menggunakan narkoba akan ditindak tegas. Anggota jangan main-main dengan narkoba. Bagaimana kita menyikat peredaran narkoba kalau polisinya juga ternyata pemakai," ujarnya.

Pemeriksaan urine terhadap anggota polisi, sambung jenderal bintang dua ini, dilakukan secara terus-menerus selama tiga bulan sekali.

Pengecekan tersebut untuk mengantisipasi para anggota Polri yang menggunakan narkoba.

"Polisi ibarat sapu di pekarangan. Bagaimana kami bisa menyikat narkoba begini kalau sapunya kotor. Aparat dan petugas harus bersih. Jadi ketika mereka sudah terindikasi, akan sulit memberantas narkoba," jelasnya.

AKBP Agus sebelumnya telah dicopot dari jabatannya sebagai kapolres Empat Lawang saat urine pria berpangkat melati dua itu positif mengandung amfetamin yang merupakan senyawa zat narkoba jenis sabu dan ekstasi.

Pencopotan jabatan AKBP Agus terlihat dari Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/118/I/KEP/2019 tertanggal 15 Januari 2019 yang ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Pol Eko Indra Heri S atas nama Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

AKBP Agus Setyawan dalam surat tersebut digantikan AKBP Eko Yudi Karyanto yang sebelumnya menjabat Kaden B Pelopor Satbrimob Polda Sumsel.

Di Mata Najwa, Pemred Obor Rakyat Buka Suara Soal Hubungannya dengan Prabowo dan La Nyalla

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved