Tribun Lampung Selatan

Disbudpar Lamsel Akan Gelar Panggung Hiburan bagi Korban Tsunami

Pemerintah kabupaten Lampung Selatan melalui dinas parawisata dan kebudayaan berencana menggelar panggung hiburan bagi pengungsi tsunami selat Sunda

Disbudpar Lamsel Akan Gelar Panggung Hiburan bagi Korban Tsunami
Tribunlampung/Dedi
Kadisbudpar Lamsel Yuda Sukmarina 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMSEL – Pemerintah kabupaten Lampung Selatan melalui dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) berencana menggelar panggung hiburan bagi pengungsi tsunami selat Sunda di GOR Way Handak Kalianda pada Sabtu (19/1) malam.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi hiburan bagi para pengungsi yang saat ini ditempatkan di wisma atlit Kalianda yang berdekatan dengan GOR Way Handak.

Kegiatan ini juga menjadi sarana hiburan bari warga Kalianda dan sekitarnya.

“Kegiatan panggung hiburan ini untuk kali pertamanya kita gelar. Melalui kegiatan ini kita ingin memberikan hiburan bagi para korban tsunami selat Sunda yang saat ini masih mengungsi. Harapannya bisa menghibur mereka dan mengatasi trouma,” kata kepala Dinas Parawisata Lampung Selatan, Yuda Sukmarina, jumat (18/1).

Menurut dirinya, kegiatan panggung hiburan yang akan digelar juga menjadi titik balik untuk kembali membangkitkan sektor parawisata daerah pasca tsunami selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu.

“Melalui kegiatan panggung hiburan ini kita ingin menyampaikan pesan bagi parawisatawan untuk tidak takut datang ke Lampung Selatan. Dan kita ingin menyampaikan pesan jika parawisata daerah di Lampung Selatan akan bangkit,” tegasnya.

Yuda mengatakan kegiatan panggung hiburan ini akan melibatkan para penggiat seni budaya yang ada di Lampung Selatan.

Pengamat: Pemkab Perlu Percepat Rekonstruksi dan Rehabilitasi Pasca Bencana Tsunami

Dan rencananya kegiatan panggung hiburan ini akan digelar secara rutin 2 kali dalam sebulan. Dan nantinya juga akan menyambangi daerah-daerah yang terdampak tsunami.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, saat ini dinas parawisata Lampung Selatan bekerjasama dengan dinas PUPR sedang memprogramkan perbaikan infrastruktur pendukung pada objek-objek wisata pantai yang terkena dampak tsunami selat Sunda.

Dinas Parawisata pun bersama dengan Kementerian Parawisata telah mencanangkan bangkitnya parawisata Selat Sunda yang ada di Provinsi Banten dan juga di Lampung Selatan.

Dalam waktu dekat, kata dia, akan ada pelatihan sadar wisata, pelatihan penjaga pantai kepada para pengelola wisata pantai. Khususnya yang ada di daerah pesisir yang terkena dampak tsunami.

“Dalam waktu dekat juga akan melakukan kegiatan Rencana Aksi Lampung Selatan Bangkit dari Kementerian Pariwisata," ujar Yuda Sukmarina.(dedi/tribunlampung)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved