Tribun Bandar Lampung

Pemkot Bandar Lampung Guyur Rp 8 Miliar ke Itera

Pemkot Bandar Lampung mengguyur dana senilai Rp 8 miliar ke Institut Teknologi Sumatera.

Pemkot Bandar Lampung Guyur Rp 8 Miliar ke Itera
Tribun Lampung/Bayu Saputra
Wakil Rektor Bidang Akademik Itera Mitra Djamal (kiri), Rektor Itera Ofyar Z Tamin (tengah), dan Wali Kota Bandar Lampung Herman HN (kanan). 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG EKA AHMAD SHOLICHIN

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pemkot Bandar Lampung mengguyur dana senilai Rp 8 miliar ke Institut Teknologi Sumatera. Anggaran tersebut untuk pembangunan gedung perkuliahan.

Pengalokasian dana bantuan itu terungkap saat Rektor Itera Prof Ofyar Zainuddin Tamin dan jajaran berkunjung ke Pemkot Bandar Lampung, Rabu (30/1/2019) pagi. Wali Kota Herman HN menerima langsung kunjungan tersebut.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Kota Bandar Lampung Suhardi Syamsi menjelaskan, dana Rp 8 miliar itu akan teralokasi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2019.

"Karena APBD 2019 sudah selesai prosesnya dan sudah ketuk palu, maka penambahan dana bantuan akan masuk dalam APBD Perubahan 2019," ujar Suhardi usai kunjungan rombongan Itera.

Dari anggaran Rp 8 miliar tersebut, jelas Suhardi, pihak Itera akan menggunakannya untuk membangun gedung perkuliahan. Rinciannya, satu gedung empat lantai dan 24 ruang kelas.

"Anggaran Rp 30 miliar itu (bantuan sebelumnya) dua tahun yang lalu, sehingga akan terjadi kenaikan. Artinya, penyesuaian harga. Karenanya, perlu penambahan Rp 8 miliar untuk finishing (penyelesaian akhir)," katanya.

Pengerjaan pembangunan gedung perkuliahan, papar Suhardi, akan berlangsung pada tahun ini juga. Adapun tahapan pembangunan sedang memasuki proses lelang pelaksana proyek.

"Dengan bantuan itu, pemkot berharap proses Tridarma Perguruan Tinggi (di Itera) bisa berjalan maksimal, yaitu proses belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat," jelas Suhardi.

"Karena, sesuai keterangan Pak Rektor, sebanyak 60 persen mahasiswa Itera berasal dari Bandar Lampung. Sisanya dari luar Bandar Lampung dan ada juga dari provinsi lain," sambungnya.

Selain itu, Suhardi menambahkan, Pemkot Bandar Lampung juga akan memberikan sekitar 3.500 bibit ikan ke Itera. Bibit ikan itu untuk mengisi embung yang sudah ada di kampus setempat.

"Sebelumnya, Pak Wali pernah membantu bibit ikan untuk embung di sana. Akan ada lagi penambahan embung dan Pak Wali akan membantu lagi. Jumlah bantuan bibit nanti sebanyak 3.500 dengan jenis bibit ikan nila," tandasnya.

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved