Tribun Metro

Januari-Februari, 69 Warga di Metro Positif DBD

Tercatat, sejak Januari hingga Februari, ada 69 kasus warga yang positif terkena sengatan nyamuk aedes aegypti

Januari-Februari, 69 Warga di Metro Positif DBD
TOTO SIHONO
Ilustrasi nyamuk Aedes aegypti dan DBD 

Januari-Februari, 69 Warga di Metro Positif DBD

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Metro terus bertambah. Tercatat, sejak Januari hingga Februari, ada 69 kasus warga yang positif terkena sengatan nyamuk aedes aegypti.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Silfia Nahroni mengatakan, wilayah paling banyak kasus DBD di Bumi Sai Wawai berada pada Kelurahan Yosodadi. Yakni sebanyak 23 masyarakat yang terjangkit. Kemudian diikuti Iringmulyo 14 kasus.

Berkat DBD, Peternak Ikan Cupang Kantongi Rp 15 Juta per Bulan

"Selanjutnya ada Yosomulyo dan Hadimulyo Timur 8 kasus, Banjarsari 6 kasus. Tahun ini memang meningkat jika dibanding periode sebelumnya tahun 2018 pada bulan yang sama hanya terdapat 59 kasus," bebernya, Minggu (3/2).

Adapun Metro Selatan menjadi daerah yang paling jarang terdampak penyebaran DBD. Karena jarak antar rumah di kecamatan tersebut cukup jauh. "Dari dulu wilayah sana paling sedikit. Sejauh ini tidak ada. Kalaupun ada biasanya dari tempat umum, seperti sekolah," ungkapnya.

Lampung Urutan 6 Kasus DBD Tertinggi di Indonesia

Terkait upaya yang dilakukan, Dinkes Metro mengaku telah sosialisasi teknik pencegahan dan pembentukan Kader Juru Pemantau Jentik Nyamuk Penular virus DBD (Jumantik). Penyuluhan dan menggiatkan gerakan 4 M plus, menutup, menguras, mendaur ulang, dan memantau jentik nyamuk.

"Kita ada gerakan satu rumah satu jumantik. Setiap rumah itu, anggota keluarga yang menjadi juru pemantau jentik. Dan dari data yang kita terima tidak ada korban hingga meninggal. Sudah banyak yang kita lakukan dari puskesmas sampai ke Posyandu semua sosialisasi," ungkapnya.

Ia menambahkan, upaya fogging akan dilakukan ketika hasil penyelidikan dan pemantauan PE positif DBD. Karena tidak bisa sembarang fogging. Harus dilakukan beberapa uji. "Kami juga mengimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat," tandasnya. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved