Tribun Bandar Lampung

Hapus Jalur Prestasi, Disdikbud Bandar Lampung Terapkan Zonasi untuk Pendaftaran SMP

Disdikbud Bandar Lampung berencana menerapkan sistem zonasi dalam PPDB 2019 untuk SMP.

Hapus Jalur Prestasi, Disdikbud Bandar Lampung Terapkan Zonasi untuk Pendaftaran SMP
Tribun Lampung/Bayu Saputra
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung Daniel Marsudi. 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG BAYU SAPUTRA

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung berencana menerapkan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 untuk SMP.

Kepala Disdikbud Bandar Lampung Daniel Marsudi menjelaskan, dalam PPDB 2019 yang akan berlangsung Juni nanti, tidak berlaku lagi jalur prestasi seperti PPDB 2018. Pihaknya akan memberlakukan sistem zonasi, di mana lulusan SD akan bersekolah di SMP negeri yang dekat dengan asal SD.

"Jadi, nanti tidak bisa lulusan SD yang rumahnya di Panjang, mau sekolah di SMPN 2 di Pramuka. Kami mengutamakan lulusan SD yang dekat dengan SMP itu sendiri," katanya, Kamis (7/2/2019).

Dalam penerimaan di SMPN, terang Daniel, pihaknya juga akan menyesuaikan dengan daya tampung sekolah tersebut.

"Merujuk nilai tertinggi (lulusan SD), lalu mengerucut sampai ke daya tampung. Kalau sudah cukup sesuai dengan daya tampung, maka SMPN itu tidak terima siswa lagi," ujarnya.

Terkait penghapusan jalur prestasi dalam PPDB 2019, Daniel mengungkapkan, mutu pendidikan idealnya tergantung pada manajemen pendidikan di sekolah itu.

"Sekolah itu sewajarnya sama, tidak ada pembeda. Mutu pendidikan sejatinya tergantung sekolah dalam memanajemen pendidikannya," kata Daniel.

"Termasuk kualitas anak didi, semuanya harus sama. Guru juga kan gajinya dari negara. Dan, kami sengaja menghilangkan stigma sekolah negeri favorit," sambungnya.

Daniel menambahkan, panitia pelaksana PPDB 2019 sudah terbentuk. Petunjuk teknis PPDB pun telah siap.

Halaman
12
Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved