Tribun Pesawaran

Tak Hanya 30 Siswa SMKN 1 Gedong Tataan Saja, Dua Komisioner KPU Pesawaran Juga Alami Keracunan

Komisi Pemilihan Umum Pesawaran langsung menyelenggarakan konfrensi pers terkait insiden puluhan siswa SMK N I Gedongtataan yang mengalami keracunan.

TribunLampung/Robertus Didik
Komisi Pemilihan Umum Pesawaran langsung menyelenggarakan konfrensi pers terkait insiden puluhan siswa SMK N I Gedongtataan yang mengalami keracunan usia makan nasi kotak di acara Sosialisasi Pemilih Pemula, Rabu (6/2/2019) kemarin. 

Abdul Razak dari Dinas Kesehatan Pesawaran mengatakan, kemungkinan keracunan tersebut disebabkan oleh makanan di dalam nasi kotak.

Tapi, pihaknya belum bisa memastikan sumber keracunan karena di dalam kemasan itu terdapat nasi, lauk, sayur, dan sambal.

"Tadi kami sudah wawancara dengan gurunya. Hasil wawancara kami, diperkirakan (penyebab keracunan) dari sayur ayam yang santan. Katanya tadi sudah agak berlendir, sudah basi. Tapi, kita tidak bisa menegakkan diagnosisnya secara pasti, karena sampel makanan tadi sudah kebuang," terang Razak.

Razak mengatakan, untuk ke depan, jika ada kejadian serupa, semestinya sampel makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan disimpan dan dibungkus dengan baik.

"Sebelum dibawa ke laboratorium, ditaruh di kulkas supaya tidak tercemar bakteri dari luar. Kalaupun sampel mau diambil saat ini, mungkin sudah bisa dan tidak valid lagi," beber dia.

Oleh karena itu, kata Razak, Diskes akan memeriksa pihak rumah makan yang menyediakan katering tersebut.

Parman, staf Dinas Kesehatan Pesawaran lainnya, mengatakan, pihaknya ingin mengetahui kapan makanan itu dimasak.

Menurut dia, sayur berkuah seharusnya tidak boleh dikonsumsi lebih dari enam jam sejak dimasak.

Karena akan terjadi perkembangbiakan bakteri.

"Toksin inilah yang akan menyebabkan keracunan makanan," ujarnya.

16 Siswa SD di Ketapang Diduga Keracunan Makanan

Seorang siswa SMKN 1 Gedong Tataan sedang dirawat di Klinik Ridho Husada karena diduga keracunan makanan, Kamis, 7 Februari 2019.
Seorang siswa SMKN 1 Gedong Tataan sedang dirawat di Klinik Ridho Husada karena diduga keracunan makanan, Kamis, 7 Februari 2019. (Tribunlampung.co.id/Robertus Didik)
Halaman
123
Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Teguh Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved