Tribun Metro

5.980 Keluarga di Metro Kini Bisa Manfaatkan 19 e-Warung

Kota Metro telah memiliki 19 e-Warung untuk melayani keluarga penerima mamfaat (KPM) di wilayah setempat.

5.980 Keluarga di Metro Kini Bisa Manfaatkan 19 e-Warung
Tribun Bangka
Ilustrasi e-warung 

5.980 Keluarga di Metro Kini Bisa Manfaatkan 19 e-Warung

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Kota Metro telah memiliki 19 e-Warung untuk melayani keluarga penerima mamfaat (KPM) di wilayah setempat. Sebelumnya, Bumi Sai Wawai hanya memiliki lima warung elektronik.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dissos) Kota Metro Subehi mengatakan, hingga saat ini ada sebanyak 5.980 KPM di wilayah setempat yang mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Bantuan tersebut yang ditukarkan ke e-Warung.

"e-Warung ini pengganti raskin atau rastra. Dulu kan diberikan langsung beras ke penerima. Sekarang yang diberikan itu berbentuk uang dalam kartu tadi ditransfer. Itu senilai Rp 110 ribu per bulan," bebernya, Jumat (8/2).

Kota Metro Dapat Bantuan 80 Unit Bedah Rumah dari Kemensos

Bantuan diterima dalam Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang bisa ditukarkan beras dan telur lewat e-Warung. Penerima tinggal memberikan kartu ke petugas saat bertransaksi. Sebanyak 19 e-Warung yang ada telah mencakup seluruh wilayah Metro.

"Jadi bukan berdasar kelurahan. e-Warung ini berdasar rasio penerima. Ada satu kelurahan itu kita punya dua, karena jumlah KPM-nya banyak. Tapi ada yang satu warung untuk dua kelurahan. Tapi kartu itu tidak bisa diuangkan ya, tukar barang," katanya lagi.

Sementara ketersediaan beras maupun telur yang ada di e-Warung oleh masing-masing suplier. Dimana barang-barang yang disediakan berkualitas sesuai dengan harga. Sejauh ini, di Metro belum ada komplain terkait beras atau telur dengan kualitas tidak baik.

Kasus Curas dan Curanmor Nyaris Merata di Seluruh Kota Metro

"Artinya kan sudah baik. Memang kita minta barang-barang harus baru. Jangan sampai ada kendala atau komplain dari penerima. Itu makanya kita kemarin dapat penghargaan dari Kemensos sebagai salah satu e-Warung terbaik di Indonesia," imbuhnya.

DPRD Kota Metro mengapresiasi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang turut membantu pemerintah dalam mendampingi dan mendata warga kurang mampu di wilayah setempat.

"Tentu kita apresiasi. Sangat baik. Dan ini perlu dimotivasi terus dengan baik sesuai aturan. Karena kita tahu mereka bekerja secara sukarela, dimana insentif pun tidak seberapa. Kalau tidak salah Rp 100 ribu," tukas Wakil Ketua DPRD Metro Fahmi Anwar.

Karena itu, ia meminta Pemerintah juga memerhatikan PSM selaku ujung tombak yang bekerja dengan masyarakat. "Tujuan besarnya kan bagaimana kita bisa mengentaskan kemiskinan di Metro, bukan malah menambah," tuntasnya. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved