Menteri Rini Minta PTPN VII Bersinergi Bangun Rest Area di Tol Trans Sumatera

Menteri BUMN Rini Soemarno mendorong dunia usaha, terutama BUMN untuk memaksimalkan aset.

Menteri Rini Minta PTPN VII Bersinergi Bangun Rest Area di Tol Trans Sumatera
Istimewa
Menteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau Jalan Tol Trans Sumatera, Jumat 8 Maret 

Laporan Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG -  Menteri BUMN Rini Soemarno mendorong dunia usaha, terutama BUMN untuk memaksimalkan aset.

Ini dimulai dengan memanfaatkan keberadaan JTTS. Salah satunya, mendorong PTPN VII dan PT Pelindo (Indonesian Port Corporation,) untuk membangun kawasan industri.

Jalan tol ini dikebut untuk melancarkan distribusi logistik antar daerah. Pada sisi lain, PTPN VII dinilai memiliki lahan luas di pinggir JTTS ini. 

"PT Pelindo juga punya Pelabuhan Internasional Panjang. Nanti kita dorong untuk bersinergi bikin kawasan industri atau terminal logistik, sehingga distribusinya dari jalan tol langsung ke pelabuhan. Dan ini merupakan bagian dari visi ke depan,” kata dia melalui rilis yang diterima Tribun Sabtu (9/3/2019) sore.

UPDATE Peresmian Tol Lampung - Menteri Rini Soemarno Jalan Kaki 2 Km: Mumpung Belum Diresmikan

Pada peresmian di pintu Tol Natar Jumat kemarin, Presiden Joko Widodo mengatakan, JTTS ruas Bakauheni—Terbanggi Besar merupakan tol terpanjang dengan proses pembangunan tercepat di Indonesia saat ini. Dengan panjang 140 kilo meter, kata Jokowi, JTTS ruas ini dikerjakan dari nol penentuan lokasi pada 2014 dan rampung dalam empat tahun.

Selain Rini, hadir pada peresmian itu, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, dan pejabat lain.

Seremonial itu sekaligus peresmian dua dermaga eksekutif di Merak dan Bakauheni. Rini menjelaskan, pekerjaan selanjutnya adalah mengoptimalkan pemanfaatan jalan tol agar meningkatkan mobilitas ekonomi kawasan.

“Setelah empat BUMN Karya ini selesai membangun JTTS, berikutnya harus disinergikan dengan BUMN lainnya. Misalnya antara lain PTPN dan Pelindo ini,” kata Rini Soemarno.

Menteri BUMN Rini Soemarno Pimpin Tim Susuri Tol Trans Sumatera

Meskipun sudah diresmikan dan langsung dioperasikan, Rini mengatakan sarana pendukung operasional jalan tol belum tersedia lengkap. Salah satunya adalah rest area atau tempat berhenti/ beristirahat bagi pengguna jalan.

Halaman
12
Penulis: sulis setia markhamah
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved