Tribun Bandar Lampung

Kemenag Lampung Akan Berikan Beasiswa Kuliah Santri Ponpes Berprestasi

Kanwil Kemenag Lampung kembali akan membuka kesempatan bagi santri-santri pondok pesanteren untuk kuliah.

Kemenag Lampung Akan Berikan Beasiswa Kuliah Santri Ponpes Berprestasi
Tribun Lampung/Bayu Saputra
Humas Kanwil Kemenag Lampung Istutiningsih 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung kembali akan membuka kesempatan bagi santri-santri pondok pesanteren untuk mengenyam pendidikan tinggi alias kuliah.

Istutiningsih selaku Hubungan Masyarakat Kanwil Kemenag Lampung menjelaskan, santri-santri ponpes bisa berkuliah melalui program Penerimaan Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Tempat kuliah tersebut di perguruan tinggi Islam di bawah naungan Kemenag.

"Jadi, kami berharap para pimpinan ponpes mempersiapkan para santrinya untuk mendapatkan beasiswa yang kami berikan ini," kata Istutiningsih di ruang kerjanya, Kamis (14/3/2019).

Berdasarkan data pada aplikasi Education Management Information System, total ada 102 ponpes yang tersebar di Lampung. Melalui beasiswa tersebut, Istutiningsih mengungkapkan, santri-santri ponpes akan memperoleh biaya pendidikan serta biaya hidup dalam program PBSB.

"Tahun lalu (2018) ada 40-an santri ponpes yang dapat beasiswa ini. Untuk tahun ini, kami belum dapat juknisnya (petunjuk teknis), termasuk berapa santri yang akan mendapatkan beasiswa," ujarnya.

Pihaknya berharap jumlah santri penerima PBSB pada tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Tujuannya agar angka partisipasi kasar (APK) Lampung bisa meningkat.

"Yang menentukan kelulusan (peraih beasiswa) adalah panitia pusat. Para calon penerima PBSB nanti wajib menjalankan tes melalui CAT (computer assisted test)," kata Istutiningsih.

Pengurus Pondok Pesantren Thoirul Jannah, Kecamatan Jati, Lampung Selatan, Agung Sidik, menilai program PBSB sangat membantu santri, terutama yang berasal dari keluarga tidak mampu.

"Pasti bermanfaat. Tepat sasaran kalau untuk ponpes. Kami harap informasi beasiswa itu tersebar sampai ke pelosok," ujarnya.

Merujuk laman resmi Kemenag http://pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id, pembukaan pendaftaran PBSB mulai 1 April 2019. Waktunya sampai 30 April 2019.

Selanjutnya, pengumuman kelayakan mengikuti tes pada 15 Mei 2019 serta pelaksanaan ujian tahfidz pada 18 Juni 2019. Kemudian, tes membaca kitab kuning bagi pendaftar ma'had aly pada 19 Juni 2019 serta pengumuman hasil seleksi pada Juli 2019. (byu)

Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved