Tribun Bandar Lampung

Pemprov Lampung Pastikan Sudah Perbaiki Usulan Seleksi PPPK

Pengumuman kelulusan tes PPPK tahap I tahun 2019 di Pemprov Lampung belum juga jelas.

Pemprov Lampung Pastikan Sudah Perbaiki Usulan Seleksi PPPK
Grafis Tribun Lampung/Dodi Kurniawan
Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja 2019 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pengumuman kelulusan tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I tahun 2019 di lingkungan Pemprov Lampung hingga kini belum juga jelas.

Badan Kepegawaian Daerah Lampung menyatakan, pemerintah pusat memiliki alasan terkait tertundanya pengumuman kelulusan seleksi PPPK. Pusat, menurut BKD, meminta usulan ulang pengadaan PPPK dari pemerintah daerah se-Indonesia.

"(Permintaan) perbaikan usulan tersebut untuk memastikan kesiapan daerah terkait ketersediaan anggaran belanja pegawai untuk PPPK," kata Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai Henry Riduan mewakili Kepala BKD Lampung Dewi Budi Utami, Kamis (14/3/2019) siang.

Henry pun memastikan Pemprov Lampung telah menyampaikan perbaikan usulan pengadaan PPPK ke pusat.

"Usulan ulang PPPK sudah kami kirim ke pemerintah pusat sejak minggu lalu," ujarnya.

Merujuk data Badan Kepegawaian Negara, Henry mengungkap jumlah pemda di Indonesia yang telah menyampaikan usulan ulang sebanyak 81 persen.

"Dari data BKN, baru 81 persen daerah yang menyampaikan usulan ulang formasi PPPK 2019 tahap I, yang menyesuaikan kemampuan keuangan daerah," katanya.

Kepala Kantor Regional V BKN Jakarta Istati Atidah membenarkan pengumuman kelulusan seleksi PPPK tahap I tahun 2019 mundur sampai batas waktu tidak tentu. Menurutnya, ada beberapa persoalan yang menyebabkan pengumuman kelulusan seleksi PPPK tertunda.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan kapan BKN serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menyampaikan pengumuman seleksi PPPK.

"Ya mungkin setelah seluruh persyaratan dari daerah-daerah sudah terpenuhi. Sepertinya (pengumuman) akan serentak. Sama-sama kita tunggu," ucap Istati, Kamis.

Berdasarkan surat Kemenpan RB, pengumuman kelulusan tes PPPK mundur dari jadwal semula. Dari sebelumnya 1 Maret, mundur menjadi 11 Maret. Namun demikian, hingga Senin lalu, 11 Maret, belum ada informasi terkait pengumuman tersebut.

Adapun alasan penundaan, menurut Henry, karena Badan Kepegawaian Negara masih membuka usulan dari daerah lain. Pembukaan usulan itu khusus untuk daerah yang belum mengajukan kuota PPPK.

Pemprov Lampung telah merampungkan seleksi PPPK pada 23 Februari 2019. Total 139 peserta mengikuti seleksi melalui computer assisted test (CAT) di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. (Tribunlampung.co.id/Noval Andriansyah)

Penulis: Noval Andriansyah
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved