Tribun Bandar Lampung

Tiga Wakil Rektor Mencuat pada Bursa Pemilihan Rektor Unila

Sejumlah nama telah bermunculan sebagai bakal calon rektor periode 2019-2023.

Tiga Wakil Rektor Mencuat pada Bursa Pemilihan Rektor Unila
Dokumentasi Tribun Lampung
Gedung Rektorat Unila 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Agenda Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Lampung tinggal hitungan bulan. Sejumlah nama telah bermunculan sebagai bakal calon rektor periode 2019-2023.

Penelusuran awak Tribun Lampung, setidaknya tiga nama mencuat dalam bursa bacarek Unila. Ketiganya saat ini menjabat wakil rektor. Masing-masing Warek I Prof Bujang Rahman, Warek II Prof M Kamal, dan Warek III Prof Karomani.

Para bacarek akan berkompetisi dalam pilrek untuk menggantikan rektor sekarang, Prof Hasriadi Mat Akin. Hasriadi sendiri sudah tidak bisa mencalonkan diri untuk periode kedua. Pasalnya, ia akan pensiun pada Oktober mendatang dalam usia 60 tahun.

Dalam wawancara di lantai 4 Rektorat Unila, Kamis (28/3/2019), tiga warek mengisyaratkan siap mengikuti pilrek pada Juni nanti.

Warek I Bujang Rahman, misalnya, menyatakan siap mengikuti pilrek apabila mendapat dukungan dari sivitas akademika Unila.

"Jelas. Semua orang yang punya kapasitas harus terpanggil untuk kebaikan Unila pada masa mendatang. Kita ini besar oleh Unila. Dan kalau sudah besar, maka harus mengabdi ke Unila," katanya.

Bujang mengaku tak memiliki persiapan khusus menyambut pilrek. Seandainya memang maju pilrek dan bersaing dengan nama lainnya, ia berharap kompetisi berjalan sehat. Bujang pun berjanji siap bersinergi bersama untuk mewujudkan Unila sebagai Top Ten University.

"Kompetisi (pilrek) nanti bukannya mencari musuh, tapi mencari teman untuk berkolaborasi. Bukan membenci saingan kita, tapi mencari keunggulan lawan untuk bisa bersinergi bersama agar Unila lebih maju menuju Top Ten University," ujar Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unila ini.

Warek III Karomani juga mengaku tidak memiliki persiapan spesifik menjelang pilrek. Sebab, jelas dia, tahapan pilrek masih cukup panjang.

Dalam pilrek nanti, Karomani berharap ajang empat tahun sekali ini menjadi sarana demokrasi kampus.

Halaman
1234
Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved