Maret 2019, Inflasi Lampung 0,32 Persen

Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Lampung pada Maret 2019 mengalami inflasi sebesar 0,32 persen (mtm).

Maret 2019, Inflasi Lampung 0,32 Persen
Shutterstock / Kompas.com
Ilustrasi Inflasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Lampung pada Maret 2019 mengalami inflasi sebesar 0,32 persen (mtm).

Lebih tinggi dari capaian bulan lalu (-0,29 persen;mtm), dan juga di atas rata-rata historis inflasi Maret dalam lima tahun terakhir sebesar 0,12 persen (mtm).

Dilihat dari sumbernya, inflasi Maret dipicu oleh kenaikan harga kelompok bahan makanan seiring keterbatasan pasokan.

Khususnya pada komoditas hortikultura serta kelompok transportasi dan komunikasi seiring dengan kenaikan sarana penunjang transportasi maupun tarif moda transportasi.

Secara spasial, dibandingkan 82 kota perhitungan inflasi secara nasional, inflasi Kota Bandar Lampung dan Kota Metro di bulan Maret relatif tinggi sehingga masing-masing menempati urutan ke-7 dan 33.

Sejalan dengan hal tersebut, inflasi gabungan (Provinsi) Lampung tercatat lebih tinggi dari inflasi Sumatera sebesar 0,13 persen (mtm), dan di atas laju inflasi Nasional sebesar 0,11 persen (mtm).

Meski demikian, secara tahunan inflasi Provinsi Lampung tercatat sebesar 1,49 persen (yoy), atau masih lebih rendah dibandingkan inflasi Sumatera dan Nasional, masing-masing sebesar 1,68 persen (yoy) dan 2,48 persen (yoy).

Berkaca pada pencapaian inflasi bulanan Provinsi Lampung di bulan Maret 2019 yang relatif tinggi dibandingkan provinsi lain secara nasional, KPw Bank Indonesia Provinsi Lampung memandang risiko kenaikan tekanan inflasi khususnya yang bersumber dari gejolak harga pangan perlu terus diwaspadai.

Maret 2019, Kota Bandar Lampung Inflasi 0,35 Persen

VIDEO - Mampu Kendalikan Inflasi, TPID Menuai Pujian dari BI Lampung

Kepala Bank Indonesia KPw Provinsi Lampung Budiharto Setyawan dalam keterangan resmi, Kamis (4/4), menjelaskan, ada beberapa langkah pengendalian inflasi yang konkret yang perlu diambil terutama untuk menjaga inflasi yang tetap rendah dan stabil.

Pertama,TPID, Satgas Pangan dan pihak terkait perlu melakukan berbagai upaya untuk mengarahkan dan menjaga ekspektasi masyarakat terkait kenaikan harga pangan.

Halaman
12
Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved