Tribun Bandar Lampung

Disdikbud Lampung Distribusikan Soal Ujian Kertas Pensil SMP-MTs ke 9 Kabupaten

Disdikbud Lampung mendistribusikan soal-soal Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) untuk SMP dan MTs.

Tribun Lampung/Anung Bayuardi
Soal dan Lembar Jawaban Komputer Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tiba di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Kamis (18/4/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung mendistribusikan soal-soal Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) mulai Kamis (18/4/2019). Pendistribusian tersebut menggunakan moda transportasi bus dari PT Pos Indonesia Pahoman, Bandar Lampung.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Disdikbud Lampung Teguh Irianto menjelaskan, pendistribusian soal-soal UNKP SMP-MTs mendapat pengawalan dari kepolisian.

"Kami mendistribusikan soal-soal UNKP ke sembilan kabupaten. Masing-masing Lampung Selatan, Lampung Utara, Lampung Timur, Tanggamus, Way Kanan, Tulangbawang Barat, Mesuji, dan Pesisir Barat," katanya kepada awak Tribun Lampung, Kamis.

Teguh mengungkapkan, pelaksanaan ujian nasional di sembilan kabupaten tersebut memang berbeda dengan enam kabupaten/kota lainnya. Di enam kabupaten/kota lainnya, papar dia, pelaksanaan ujian nasional sudah 100 persen berbasis komputer. Namanya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Adapun enam kabupaten/kota itu masing-masing Bandar Lampung, Metro, Pringsewu, Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tulangbawang.

"Bagi sekolah yang mampu menyelenggarakan UNBK, kami persilakan. Tapi bagi sekolah yang belum mampu, terpaksa harus menggunakan UNKP," ujar Teguh.

Ia menambahkan, pemerintah tidak memaksa sekolah-sekolah yang belum mampu menyelenggarakan ujian menggunakan komputer. Pemerintah melihat terlebih dahulu kelengkapan sarana sekolah-sekolah, khususnya komputer dan jaringan internet.

"Kalau belum mampu pakai komputer (UNBK), terpaksa pakai kertas pensil (UNKP). Memang kami lihat juga sekolah itu, apakah sudah memiliki sarana komputer dan jaringan internet yang memadai. Lalu, lokasi sekolah yang terpencil juga menjadi pertimbangan penerapan UNBK yang berbasis online," terang Teguh.

Jadwal

Berdasarkan data Disdikbud Lampung, jumlah peserta UNBK dan UNKP mencapai 134.467 orang. Adapun sekolah yang penyelenggara baik UNBK ataupun UNKP sebanyak 2.016 unit. Meliputi SMP dan MTs negeri maupun swasta.

Rincian peserta ujian nasional SMP-MTs ini masing-masing 106.480 orang untuk UNBK dan 27.987 orang untuk UNKP. Sementara jumlah sekolah penyelenggara UNBK sebanyak 1.513 unit dan sekolah penyelenggara UNKP 493 unit.

UNBK dan UNKP akan berlangsung mulai Senin, 22 April, dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berlanjut pada Selasa, 23 April, untuk mata pelajaran Matematika. Lalu pada Rabu, 24 April, dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, serta Kamis, 25 April, untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

"Waktu pelaksanaan UNBK sebanyak tiga sesi dalam setiap harinya. Sesi pertama pukul 07.30-09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30-12.30 WIB, dan sesi ketiga pukul 14.00-16.00 WIB. Sedangkan UNKP hanya terjadwal pada sesi kedua," papar Teguh.

Pihaknya berharap para siswa-siswi SMP-MTs mempersiapkan diri menghadapi UNBK ataupun UNKP. Adapun bagi siswa-siswi yang berhalangan hadir untuk mengikuti ujian nasional, maka bisa mengikuti ujian susulan.

"Jadwal UNBK dan UNKP susulan mulai 29 April pukul 07.30-09.30 WIB untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan pukul 10.30-12.30 untuk Matematika. Kemudian 30 April pukul 07.30-09.30 WIB mata pelajaran Bahasa Inggris dan pukul 10.30-12.30 mata pelajaran IPA," jelas mantan kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung Selatan ini. (Tribunlampung.co.id/byu)

Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved